Cara Menggunakan Map Method Di Laravel Collections

Di artikel kali ini saya akan membahas mengenai fitur keren laravel lainya, jikalau sebelumnya kita telah membahas mengenai  Cara Menggunakan Contains Method Di Laravel Collections di laravel kini kita akan membahas fitur collections laravel yaitu Cara Menggunakan Map Method Di Laravel Collections.



Laravel Collections yaitu sebuah fitur yang bermanfaat bagi mempermudah kita pada mengolah data array. Pada mengolah data array tentu banyak sekali operasi yang perlu dilakukan seperti sorting, filtering, update dan masih banyak lagi yang lain.



Di laravel collection ini sendiri ada setidaknya 101 operasi yang dapat dilakukan dengan data array. Saya rasa ini telah lumayan komplit dan mempermudah kita bagi mengolah data array.



Selaku seorang softwere developer pasti kita menemukan sebuah kasus dimana dikala kita bertemu sebuah array dan ingin memanipulasinya anggap saja misal kita ingin merubah nilai array dengan sesuatu nilai yang baru.  Nah dikala ini lah pemakaian method map() dapat di implementasikan misal pemakaian sederhanyanya :



 $suites     = collect(['Clubs', 'Diamonds', 'Hearts', 'Spades']);
return $suites->map(function($item, $key){
return strtolower($item);
});


Di kode di atas terdapat sebuah array satu dimensi yang berisi beberapa string, lalu kasusnya kita ingiin merubah nilai dari array tersebut menjadi sebuah nilai yang baru yaitu menjadi lowercase.  Bagi melakukanya kita tinggal menggunakan map collections lalu method map menerima sebuah callback dengan 2 parameter :


$item => Adalah value dari array collection


$key  => Adalah key dari array collection



Kedua parameter tersebut dapat kita gunaakan bagi menghasilkan nilai yang baru, Lalu berikutnya di pada function callback kita ubah nilai nya menjadi segala string pada array menjadi lowercase. Dan hasilnya akan seperti ini :



[
clubs,
diamonds,
hearts,
spades
]


Nah ini hanyalah pemakaian map secara sederhanya, kita dapat menggunakanya bagi kasus yang lebih kompleks lagi dari ini dengan beberpa penyesuaian.



Oke lumayan bagi artikel kali ini mengenai Cara Menggunakan Map Method Di Laravel Collections semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya, hingga bertemu di artikel berikutnya.



 




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP