Bagaimana Cara Menggunakan Soft Delete Di laravel

Di artikel kali ini saya akan membahas mengenai fitur yang keren di laravel yaitu mengenai Bagaimana Cara Menggunakan Soft Delete DI laravel, Fitur eloquent di laravel betul-betul banyak yang dapat kita gunakan bagi menolong kita pada membangun program berbasiskan web menggunakan laravel pastinya.



Salah satunya yaitu fitur Soft Deletes, hakekatnya apa sih doft delet itu ? Soft Deletes yaitu fitur dari laravel bagi membangun penghapusan data sementara. kita dapat menghapus data di table, tapi data tersebut tak benar-benar seketika dihapus, masih tersimpan pada table tapi tak tampil lagi.



Dapat di ibaratkan kalau teman-teman pernah menggunakan wordpress CMS bagi membangun sebuah artikel blog, karenanya di pada dashboard panel nya terdapat fitu trash di mana artikel yang di hapus tak benar-benar terhapus melainkan hanya masuk kedalam trash dan artikel tersebut dapat di kembalikan atau biasanya di sebut Restore,



Nah bagi di laravel kita tak perlu susah-susah membangun fitur seperti itu, kita dapat dengan gampang menggunakanya karena fitur tersebut telah built in di framework nya.



Baiklah seketika saja kita mulai membuatnya, di sini saya menginstall proyek  laravel dengan nama “seoftdeltes” dan perintahnya sebgai berikut :



composer create-project --prefer-dist laravel/laravel softdeletes


Dimana proyek laravel tersebut terhubung dengan database dan mempunyai 1 table dengan nama books,  Lalu saya membangun sebuah petunjuk sederhana di file Routes/web.php bagi menampilkan data pda table books :



 



use AppBooks as Books;
Route::get('/books', function () {
$books = Books::all();
return $books;
});


Ketika di jalankan menggunakan petunjuk “php artisan serve” karenanya akan tempil data sepert ini :



Pada



 



 



 



 



 



 



 



 



 



 



 



 



tujuan dari percobaan kita kali ini yaitu kita akan mencoba menghapus data di table books dengan menggunakan sistem Soft Deletes lalu kita akan mencoba merestore nya kembali.



Sekarang ini saya akan merubah sedikit Model Books seperti di bawah ini :



<?php

namespace App;

use IlluminateDatabaseEloquentModel;
use IlluminateDatabaseEloquentSoftDeletes;

class Books extends Model
{
use SoftDeletes;
protected $guarded = [];
}


 



Lalu kita akan mencoba mendelete satu baris data dengan ID 1 di table books dengan menggunakan laravel tinker bagi menjalankan petunjuk delete nya, :



Pada


Jikalau di lihat di gambar di atas kita telah berhail memperoleh data di table books dengan ID1. Sekerang kita akan mendeletenya dengan petunjuk :




 



 



 



 



 



 



Pada



 



 



 



Jikalau kita refresh halamanya karenanya data dengan ID 1 telah tak ada seperti gambar berikut ini :



Pada



 



 



 



 



 



 



 



 



 



 



 



Tetapi hakekatnya data tersebut tak benar-bernar terhapus di table nya loh hehe nah sekrang coba teman-teman jalankan petunjuk ini di laravel tinkernya :



Pada



 



 



 



 



 



 



 



Jikalau di lihat data yang kita telah hapus sebelumnya ternata masih ada dan dapat di kembalikan dengan perinya restore hehehe.  Oke sekarang ini kita akan mengerjakan restore data nya dengan petunjuk ini :



Pada



 



 



 



 



 



 



Jikalau berhasil seharunya data yang kita telah hapus kini telah kembali lagi ke tablenya silahkan teman-teman refresh halaman books nya dan kalian akan mendapati data nya kembali.



Oke lumayan bagi artikel kali ini mengenai Bagaimana Cara Menggunakan Soft Delete DI laravel semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya, hingga bertemu di artikel berikutnya.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP