Cara Merancang Database Dengan Tepat

Pada mendesain sebuah program database adalah hal yang terpenting yang tak dapat kita lupakan, karena bagi menjadikan data yang bagus dan konsisten kita perlu mendesain database dengan tepat, nah di panduan kali ini kita akan membahas bagai mana Cara Menyusun Database Dengan Tepat sehingga dapat menjadikan struktur database yang fleksibel kepada data, sebuah data adalah aset, karenanya dari itu kita tak boleh sembarangan pada mendesain sebuah database.



Bagi mendesain sebuah database betul-betul gampang, yang terpenting pada mendesain database yaitu data yang dibutuhkan dapat disimpan dan dapat mempermudah kesibukan kita nantinya, perancangan data base adalah sebuah proses bagi menentukan dan pengaturan data yang dibutuhkan bagi mendukung perancangan program yang akan kita bikin.



Bagi mendesain sebuah database ada beberapa aturan yang mesti kita pahami sehingga database yang akan kita bikin dapat terstruktur dengan bagus diantanya yaitu :




  1.     Jikalau kita merancang sebuah table di pada database kita tak diperbolehkan menggunakan nama yang sama atau redundancy data.


  2.     Setiap table yang terdapat didalam database haruslah mempunyai kolom yang unik, kolom unik ini nantinya akan menjadi kunci utama di setiap table yang terdapat di pada database (primary key).


  3.     Pada mendesain database kita mesti memperhatikan apakah rancangan dapat menampung data sesuai yang dibutuhkan.


  4.     Database yang dirancang nantinya dapat dikembngkan dengan gampang.


  5.     Dapat memenuhi keperluan program, sehingga program tersebut dapat dikembangankan dengan gampang.



Dari beberapa aturan diatas nantinya kita diinginkan dapat menyajikan data dan hubungan antar data yang diperlukan oleh user dan program yang dirancang, kemudahan dapat mempermudah pada memahami sebuah informasi, dan nantinya pun dapat mendukung penyajian data transaksi yang dibutuhkan.



Berikutnya bagi merancang sebuah database, table, dan field ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan diantanya yaitu :




  1.     Setiap database, table, dan field di pada database mysql yaitu bersifat case-sensitive, karen besar kecil huruf akan dianggap berbeda,


  2.     Nama database, table,dan field maksimal 64 karakter


  3.     Kita tak disankan menggunakan simbol, atau karakter khusus bagi penyusunan nama database, table,dan field karena akan bermasalah didalam program operasi yang lain.


  4.     Bagi penamaan database, table,dan field disarankan menggunakan nama yang mencerminkan atau yang sesuai dengan isi dari data yang akan disimpan.



Teknik bagi mendesain sebuah database yakni bagaimana kita dapat memberikan kemudahan pada user dan database tersebut nantinya pun dapat kita gunakan dengan rentang waktu yang lumayan panjang.



Bagi mendesain database kita dapat menggunakan aplikasi ataupun program seperti MySQL Workbench atau kita pun dapat menggunakan https://online.visual-paradigm.com/drive/#diagramlist:proj=0new



Oke teman-teman seperti itulah pembahasan kita di panduan Cara Menyusun Database Dengan Tepat.



Semoga bermanfaat.



Terima kasih.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP