Cara Transfer Domain Di Hosting Yang Berbeda

Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara transfer domain di hosting yang berbeda. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, apabila kalian membeli domain berikut dengan hostingnya didalam satu reseller hosting yang sama karenanya kalian tak perlu lagi bagi mensetup domain tersebut supaya dapat terhubung dengan hosting, karena biasanya bagi konfigurasi domain tersebut defaultnya telah mengarah ke DNS hosting tersebut. Istilah konfigurasi atau setup domain tersebut biasanya dikenal dengan istilah Pointing Domain.



Hakekatnya benar-benar sederhana, syarat utama supaya domain tersebut dapat terhubung dengan hosting yang ingin dijadikan server dari domain tersebut ialah menambahkan atau merubah name server yang telah disediakan oleh hosting tersebut. Dan di kasus disini ialah dimana teman-teman ingin mentransfer atau ingin menghubungkan domain kedalam account hosting yang dibeli dari lain provider. Contohnya, teman-teman membeli domain di perusahaan reseller domain PT.A sedangkan bagi account server hostingnya teman-teman membeli di perusahaan reseller hosting PT.B. Jadi dari keduanya teman-teman membeli di tempat yang terpisah. Dan apabila permasalahan teman-teman sama seperti di contoh kasus disini kalian tak perlu khawatir. Dan bagi Pointing Domain tersebut supaya dapat saling terhubung dengan hosting yang dituju langkah utama yang mesti teman-teman lakukan ialah.



Berikut Tahapannya :




  • Teman-teman login terlebih dahulu kedalam panel domain atau kedalam client area tempat kalian membeli domain. Seandainya bingung kalian dapat tanyakan ke pihak penjual domain tersebut dengan pertanyaan seperti berikut ( dimanakah saya dapat menjalankan pengaturan DNS domain tersebut ? ).


  • Dan apabila telah dapat login kedalam panel domain tersebut, teman-teman dapat pilih fitur Domain apabila ada, berikutnya cari tombol Manage Nameservers seperti contoh gambar berikut :



Pada



 



 



 



 




  • Seandainya telah berikutnya teman-teman isi kotak di Nameserver 1 s/d Nameserver 4 dengan DNS hosting yang ingin dihubungkan ( apabila tak tahu tempat tinggal dns tersebut dapat kalian tanyakan ke pihak penjual hosting tersebut ) biasanya dns tersebut terdiri dari 4 yaitu bagi Nameserver 1 s/d Nameserver 4.


  • Seandainya telah jakan lupa bagi menekan tombol Change Nameserver atau tombol yang terkait dengan tombol konfirmasi bagi menjalankan perubahan.


  • Hingga disini berikutnya teman-teman masuk ke pada CPANEL hosting tersebut dan cari fitur Addon Domains dan isi dengan nama domain yang sebelumnya ingin dihubungkan. seperti di contoh gambar berikut



Pada




  • Seandainya telah klik tombol Add Domain.


  • Hingga disini kalian telah berhasil menjalankan Pointing Domain, apabila domain tersebut masih belum dapat diakses biasanya membutuhkan waktu tunggu dalam kurun waktu 1x24jam. atau kalian dapat clear cache lewat CMD (command prompt).



Hingga disini penjelasan saya mengenai cara transfer domain di hosting yang berbeda, semoga bermanfaat.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP