Cara Menggunakan PDO dan Apa itu PDO di PHP

PDO tak hanya bagi mengkoneksikan data dari database, Tetapi cara pemanggilan data menampilkan pun mesti menggunakan cara yang di sarankan PDO, apabila teman-teman koneksi menggunakan PDO lalu menampilkan menggunakan mysqli karenanya error, ada yang menyebut config.php ada pun koneksi.php bermacam-macam, dan dengan PDO kita tak, tergantung di database drivernya mau gunakan mysql mau gunakan port sql, sql lite dapat. Tanpa perlu kita mengganti kodenya koneksinya, kita dapat gunakan PDO, paham ya makasudnya, apabila belum teman-teman dapat baca terus artikel cara menggunakan pdo dan apa itu pdo di php.





Cara Menggunakan PDO dan Apa itu PDO di PHP



Bagi kasus ini teman saya pun pernah memabagikan mengenai Cara Koneksi Database MySQL dengan PDO, dan disini saya hanya menambahkan sedikit manfaat dari PDO. Disini saya berikan contoh sedikit, jadi ketika teman-teman biasanya menggunakan mysqli bagi menyambung database nya dimana mysqli itu bermanfaat hanya bagi server yang menggunakan mysqli, dan tak dapat di gunakan ke yang lain, tetapi dengan yang ini, seperti yang saya tulis di atas di paragraph pertama-tama, kita dapat gunakan di driver database yang lain. dan perlu di ingat bagi menggunakan PDO teman-teman mesti telah menginstal PHPnya terbaru ya, atau gak minimal versi 5 ke atas.



Oke seketika saja kita masuk pada praktek nya, silahkan teman-teman bikin file baru, seterah teman-teman mau berikan file dengan nama apa. Di sini saya memberikan dengan nama koneksi.php. dan di pada koneksi.php saya menulis sourcecode koneksi seperti ini:



PDO



Dan silahkan teman-teman coba dulu apabila tak terjadi error karenanya hasilnya akan kosong seperti ini.



PDO



Dan apabila teman-teman ingin lebih detail apabila ada error, teman-teman dapat gunakan try dan catch seperti ini, bagi menangkap apabila guna koneksi ini tak berjalan:



PDO



Disini saya coba pun apabila koneksi berhasil karenanya akan muncul pun echo berhasil terkoneksi, seperti ini:



PDO



Dan sekarang ini kita coba dimana saya, mengetikan dengan nama database yang tak ada di database, misal saya menambahkan webmasters, dimana sesungguhnya  hanya ada webmaster tanpa huruf s, dan apa yang terjadi.



PDO



Dapat dilihat ya teman-teman, kita berhasil menampilkan pesan errornya, dan perlu teman-teman ingat bagi pesan error di database itu tak di sarankan apabila situs kita telah online ya, lumayan bagi kita saja, me maintenance kita sendiri atau team, oke saya rasa telah lumayan jelas ya teman-teman belajar kita mengenai cara menggunakan pdo dan apa itu pdo di php, dan apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar, semoga bermanfaat terimakasih.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP