Memahami Route Pada Laravel 5.7 Part 2

Hallo semuanya, masih dengan saya bagi terus membahas mengenai perkembangan teknologi laman terbaru, nah setelah sebelumnya saya telah membahas mengenai Memahami Route Di Laravel 5.7 , kini lanjutan dari yang sebelumnya yaitu Memahami Route Di Laravel 5.7 Part 2.




Di artikel sebelumnya kita telah membahas basic dar pemakaian route di laravel, kini kita akan membahas mengenai except ,only dan use di route di laravel.



Apa gunanya rooute excpet dan only ?



Except di route di laravel berfungsi bagi menentukan method mana saja yang tak di perlukan bagi di panggil, jadi laravel akan secara pintar menentukan method mana yang akan dia eksekusi, contohnya :



Route::resource('meeting', 'MeetingController', [
'except' => ['create','modifikasi']
]);


Jadi kalau kita menggunakan except di method create, dan modifikasi karenanya meethod-method tersebut tak akan di eksekusi oleh laravel.



Lal bagaimana kalau only ? sebetulnya ini hanya kebalikan dari except yang mana only ini berfungsi bagi menentukan method yang mana saja yang akan di eksekusi oleh laravel, misal :



 Route::resource('meeting', 'MeetingController', [
'only' => ['create','modifikasi']
]);


Sekiranya kita menggunakan only di method create,modifikasi karenanya method itu saja yg akan di eksekusi oleh laravel sesuai HTTP yang di gunakan.



Dan yang terskhir ialah  use, use ini bermanfaat bagi menentukan controller apa yang di gunakan dikala URI tertentu di akses oleh pengguna, misal :



Route::post('user/register', [
'uses' => 'AuthController@store'
]);


Baiklah hingga di sini dulu pembahas kita mengenai Memahami Route Di Laravel 5.7 Part 2 kiata akan lanjut kembali di artikel yang berikutnya.



 




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP