Cara Menggunakan Fungsi Alter Tabel Pada SQL

Hallo, teman-teman Source Code Aplikasi. Kembali lagi dengan saya Shelli Ripati di Kursus Blog. Kali ini saya akan membahas mengenai Cara Menggunakan Fungsi Alter Tabel Pada SQL. Dimana di kasus ini saya kita akan mengerjakan update atau ubah struktur tabel yang telah dibangun sebelumnya.



Kegunaan Alter tabel di SQL yakni bagi mengerjakan perubahan struktur tabel seperti menambahkan kolom, menghapus kolom atau mengubah kolom. Seketika saja bagi mengetahui Cara Menggunakan Fungsi Alter Tabel Pada SQL saya akan merancang contoh struktur database selaku berikut ini.



Kembali



Kemudian saya mengerjakan penambahan kolom di sebuah tabel dosen dengan menggunakan bahasa SQL seperti script di bawah ini ya teman-teman.



ALTER TABLE dosen
ADD date datetime;


Script di atas memanfaatkan kegunaan dari ALTER TABLE di sambung dengan nama table lalu ADD bagi mengerjakan tambah kolom yang di ikuti dengan nama kolomnya serta type data. Karenanya hasilnya kolom dari table dosen akan bertambah dengan nama date dan type datanya datetime seperti di gambar di bawah ini.



Kembali



Dan contoh berikutnya saya akan mengerjakan hapus kolom di sebuah tabel dosen dengan bahasa SQL selaku berikut ini.



ALTER TABLE dosen
DROP COLUMN nik;


Script di atas memanfaatkan kegunaan dari ALTER TABLE di sambung dengan nama table lalu DROP COLUMN bagi mengerjakan hapus kolom yang di ikuti dengan nama kolomnya. Karenanya kalau kita lihat dari script di atas kolom nik akan terhapus seperti di gambar di bawah ini.



Kembali



Dan bagi mengerjakan perubahan attribut di sebuah kolom teman teman dapat menggunakan kegunaan Alter dari SQL pun seperti di script di bawah ini.



ALTER TABLE dosen
MODIFY COLUMN date date;


Nah bagi kegunaan ALTER TABLE yang di sambung dengan nama tabel kemudian MODIFY COLUMN dan di ikuti dengan nama kolom dan type data baru. Bila kita lihat hasilnya karenanya type data di kolom date di tabel dosen akan berubah dari datetime menjadi date seperti gambar di bawah.



Kembali



Bagi penulisan di SQL Server atau Ms. Access scriptnya agak berbeda bagi merubah type data . Dan berikut ini scriptnya.



ALTER TABLE table_name
ALTER COLUMN column_name datatype;


dan bagi penulisan Oracle versi 10G dan yang lebih baru selaku berikut ini.



ALTER TABLE table_name
MODIFY column_name datatype;


Demikian artikel mengenai Cara Menggunakan Fungsi Alter Tabel Pada SQL. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP