Menggunakan Composer di Framework Codeigniter

Composer ialah Dependecy Manager yang terdapat di pada pemrogramman PHP. Dependency ialah bergantung, atau dapat di sebut banyak file yang bergantung pada file file yang lain, dimana satu program bergantung di program yang lainnya. penjelasan lebih detail temen teman dapat lihat di bahan ini, pengertian composer.. Nah bagaimana menggunakan nya di codeigniter? yang kita tahu codeigniter defaultnya tak memakai guna composer di dalamnya, bagus pada penginstallan framework, maupun yang lainnya. yuk kita praktekan Cara Menggunakan Composer di Framework Codeigniter.





pertama-tama teman teman pastinya mesti mengunduh terlebih dahulu Framework Codeigniter nya. di link ini https://www.codeigniter.com/



di ketika pertama-tama kita unduh codeigniter akan ada file file berikut di pada nya



atau



setelah itu teman dapat dapat buka di text editor, dan cari file yang bernama config.php di pada folder Application/config/config.php.



atau



nah di baris 139 ada variabel $config[‘composer_autoload’] = FALSE, ganti nilai FALSE dengan ‘vendor/autoload.php’



atau



menjadi



atau



setelah itu coba buka root project kita di command prompt



atau



lalu coba ketikan di cmd tersebut petunjuk composer update



atau



kita lihat karenanya composer akan mengerjakan penginstallan pakcage2 yang berada di file composer.json. dan coba kita lihat di project kita karenanya folder vendor akan terbentuk.



atau



setelah itu coba kita install diantara package di packageist yang bernama Faker buatan fzaninotto. coba kalian ketikan petunjuk berikut di command prompt composer require fzaninotto/faker



atau



karenanya library atau pakcage tersebut akan terinstall di pada folder vendor dapat kita cek.



atau



oke tinggal kita coba panggil di controller, coba bikin method baru bernama faker di pada controller welcome.php  dan bikin seperti berikut.



atau



$faker akan mengambil data2 faker yang dapat kita gunakan di pada package faker yang kita bikin tadi, lalu kita lakukan looping for di dalamnya, coba kalian jalankan di localhost.



atau



karenanya akan terbentuk 20 data faker. nah gampang bukan yah teman teman,



demikianlah panduan Menggunakan Composer di Framework Codeigniter, semoga bermanfaat yah teman teman.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP