Pengenalan Tentang SSL Untuk Website Yang Lebih Aman

Pernah mendengar kata SSL sebelumnya? Mungkin sebahagian dari temen-temn udah pernah dengar tapi belum paham apa itu SSL ya. Atau mungkin sebelumnya ada teman yang menyarankan bagi menggunakan SSL. Namun masih bingung perlu nggak sih saya menggunakan SSL.



Apa sih efeknya kalau saya pasang SSL di situs? Dapat bikin error nggak? Laman saya terlindungi dari serangan hacker nggak? Hmmm… Jangan bingung! Panduan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai apa itu SSL, perlu nggak sih gunakan SSL dan apa kegunaan dan manfaatnya.



Selain itu, kamu akan dipandu bagaimana sih tips memilih SSL yang bagus dan benar. Kalau budget terbatas, apakah ada SSL murah atau yang cuma-cuma gitu? Oke, daripada banyak pertanyaan mendingan seketika saja temn



APA ITU SSL ?



Oke, mungkin kamu agak kurang familiar dengan kata SSL ya sebelumnya. Lalu hakekatnya apasih perbedaan Laman, Hosting, Domain dan SSL? Jadi, SSL ialah kepanjangan dari Secure Socket Layer. Menurut Wikipedia, SSL akan melindungi situs kamu dari serangan orang yang tak bertanggung jawab. SSL akan bekerja dengan membangun suatu jalur terenkripsi antara situs dan web browser. Sehingga informasi yang terdapat pada situs akan aman dari pencurian orang lain. Ibarat pagar yang mengelilingi rumah, SSL akan melindungi situs dari pelbagai indikasi pencurian data. Biasanya di url suatu situs yang mempunyai sertifikat SSL akan bertransformasi menjadi HTTPS bukan lagi HTTP.



 



Ada beberapa kegunaan dan manfaat SSL yang mesti kamu tahu. Antara lain,



1. Melindungi Laman



Guna dan manfaat utama dari SSL tentu saja melindungi situs kamu. SSL akan membangun situs kamu susah bagi dihack orang lain. Selain itu, SSL pun akan melindungi data urgen yang terdapat di pada situs.



2. Data Akan Terenkripsi



Di dasarnya SSL adalah suatu protokol atau jalur antara situs dan web browser. Nah, biasanya jalur tersebut amat rentan kepada indikasi pencurian data. Dapat dibayangkan apabila data tersebut tak dienkripsi, karenanya orang lain dapat dengan gampang mengerjakan penyadapan. Berbeda dengan situs yang telah dipasang SSL. Jalur situs yang telah dilindung SSL akan sulit bagi diambil dan diterjemahkan oleh orang lain. Karena informasi/ data tersebut berbentuk kode- kode yang sulit bagi dibaca.



Cara Memilih SSL Terbaik



SSL ada banyak jenisnya lho! Ada yang berbayar dan ada pun SSL Cuma-cuma. Untuk kamu yang menginginkan keamanan lebih dapat memilih SSL berbayar seperti RapidSSL, Comodo PositiveSSL, VeriSign Secure Site dari Symantec, AlphaSSL dari GlobalSign, Geotrust dari TrueBusiness dan sebagainya. Untuk kamu yang menginginkan SSL yang tak berbayar, Cloudflare menyediakan  secara GRATIS!




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP