Cara Membuat Format Bilangan dengan Digit Tertentu

Di awal bulan juni ini, yang bertepatan pada bulan ramadhan disini kita akan membahas mengenai cara membangun format bilangan dengan digit tertentu, Mungkin di antara teman-teman masih bingung apa yang di maksud dengan judul di atas, saya sendiri pasti akan bingung kalau hanya melihat judulnya saja, tetapi tenang saja, kencangkan sabuk pengaman kamu seperti lazimnya, kebingungan kamu akan hilang karena kita akan membahas sebentar lagi. Jadi jangan kemana-mana simak terus ya.





Oke sekarang ini akan saya bahas jadi cara membangun format bilangan dengan digit tertentu, disini kita telah mengatur digit bilangannya, makasudnya seperti apa si, jadi saya telah memasukan 4 digit bagi sebuah jumlah sebuah barang yang terdapat, jadi walaupun saya menginputnya 1 karenanya yang akan tercetak yaitu “0001”, kalau 12 karenanya yang tampil yaitu “0012” seperti itu ya, ganteng bukan, terimakasih, paham ya, caranya lumayan gampang, kita tinggal mengatur settingannya di sebuah database mysql atau dbmaria, sama saja, di atribute teman-teman pilih saja attribute UNSIGNED ZEROFILL, supaya tak bingung silahkan teman-teman lihat gambar di bawah ini:



yang



Nah kita tinggal memberikan attributenya dengan zerofill ya, bagaimana gampang bukan, bagi kasus kali ini, saya akan membangun CRUD tapi tak CRUD semuanya, hanya menampilkan saja ya teman-teman jadi yang kita gunakan hanya “Read”, tak masalah karena disini saya cuman ingin tahu tampilan dari efek zerrofill ini, oke seketika saja saya membangun databasenya dengan format seperti ini:



yang



dan saya membangun databasenya seperti ini ya:



<?php 

$host = 'localhost';
$name = 'root';
$pass = '';
$dbname = 'ben';

$conn = mysqli_connect($host, $name, $pass, $dbname);
if(!$conn){
echo mysqli_connect_error(). 'gagal';
}


file ini saya bikin dengan nama config.php berikutnya saya tinggal membangun file index.phpnya, seperti ini:



<?php 
include 'config.php';
$query = mysqli_query($conn, SELECT * FROM galon ORDER BY id ASC);

?>
<table border=1 cellspacing=0>
<tr>
<th>No</th>
<th>Merk</th>
<th>Jumlah</th>
</tr>
<?php if(mysqli_num_rows($query)) { ?>
<?php
$no = 1 ;
while($row = mysqli_fetch_array($query)) { ?>
<tr>
<td><?php echo $no; ?></td>
<td><?php echo $row['merk']; ?></td>
<td><?php echo $row['jumlah']; ?></td>
</tr>
<?php $no++; } ?>
<?php } ?>
</table>


Simple aja ya teman-teman, oke sekarang ini kita lihat hasilnya



yang



Lumayan simple ya, dan jelas, saya rasa lumayan hingga disini dulu belajar kita mengenai cara membangun format bilangan dengan digit tertentu, semoga bermanfaat dan hingga jumpa di artikel berikutnya terimakasih.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP