Memahami Kegunaan Composer.json Pada PHP

Di artikel kli ini saaya akan membahas mengenai Memahami Kegunaan Composer.json Di PHP, programmer PHP yang baru belajar dan bahkan telah hingga di tahap framework codeigniter masih banyak yang belum mengetahui apa kegunaan dari file composer .json ini, itu dapat di lihat dari file project mereka yang mana file composer.json tersebut mereka hapus dan hanya menyiskan index.php saja padahal composer.json tersbut dapat benar-benar bermanfaat .  😀



Memangnya apa sih composer.json itu  lalu apa manfaatnya ?



Bagi memahaminya , saya berasumsi bahwa sahabat telah mengetahui apa itu composer, tetapi apabila belum mengetahuinya silahkan cari tahu dahulu baru membaca artikel ini 🙂 , ok lanjut j.


Jadi file composer.json ini adalah file yang berisikan pendefenisian library (Thrid party) yang di butuhkan bagi kebutuhan projek kita. Jadi apabila kita ingin menggunkan library pihak ke 3 atau third party , kita dapat menginstalnya via bantuan composer dan dengan file composer.json.



Bagi membuatfile composer.json sangatlah gampang, Sahabat lumayan merancang file dengan nama composer.json di root project, kemudian isikan selaku berikut :



 require: 
{
monolog/monolog: 1.0.* 4 // ini yaitu diantara contoh library yang dapat kita instal dengan menggunakan composer
}
}


apabila kita perhatikan di baris bagian : “monolog/monolog”: “1.0.*”


Ini adalah nama dari library third party atau pihak ke tiga yang dapat kita instal dan gunakan di projek kita, jadi kita tak perlu lagi membuatnya secara manual karena ada orang bagus hati yang buatkan bagi kita dan kita tinggal instal saja mengguanakan composer.json .



Bagi menjalankan composer.json kita dapat menggunakan command :



composer update


Jikalau menjalankan command di atas , karenanya command tersebut akan merancang sebuah folder baru yang bernama vendor yang mana nantinya Didalam folder vendor selain project dependency, pun terdapat folder composer dan file autoload.php. File autoload.php inilah yang nantinya kita gunakan bagi meng-load project dependency kita secara otomatis.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP