Cara Menggunakan Auto Indent Untuk Merapihkan Kode Di Sublime Text

Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan auto indent bagi merapihkan kode di sublime text. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, kerapihan kode sangatlah urgen pada membangun kode pemrograman. Meskipun kerapihan kode tersebut tak mempengaruhi flow yang berjalan di program web yang teman-teman bikin, namun kerapihan tersebut selain gampang dibaca ialah gampang dimengerti dari struktur logical yang dikerjakan oleh programmer itu sendiri.



Meskipun disublime text telah terdapat shortcut Shift+Tab atau Tab bagi menggeser kode sehingga memungkinkan teman-teman bagi lebih gampang pada merapihkan kode tersebut, namun shortcut tersebut masih belum optimal dan blm dapat secara otomatis merapihkan kode dengan sendirinya. Namun teman-teman tak usah khawatir akan hal tersebut, karena saya akan memberikan Auto Indent Sublime Text.



Untuk teman-teman yang belum mengetahui apa itu Auto Indent berikut penjelasannya. Auto indent ialah fitur yang dapat mengatur syntax kode dengan sendirinya hanya dengan menekan beberapa tombol shortcut di keyboard.  bagi menggunakan Auto Indent tersebut, teman-teman mesti terlebih dahulu menambahkan pengaturan Auto Indent lewat fitur Preferences di Sublime Text.



Berikut Tahapannya




  • Teman-teman buka terlebih dahulu program Sublime Text nya.


  • Klik fitur Preferences -> Key Bindings


  • Berikutnya, salin kode dibawah ini



[
{keys: [ctrl+shift+x], command: reindent, args: {single_line: false}}
]



  • Berikutnya Paste kode diatas di kotak yang sebelah kanan yang bernama Default(Windows)sublime-keymap — User, biasanya kotak tersebut masih kosong atau hanya ada beberapa line kode.


  • Jikalau telah save file tersebut.


  • Selesai.



Note : Bagi menggunakannya, teman-teman tinggal blok segala baris kode program di file yang ingin dirapihkan kodenya, berikutnya tekan tombol keyboard ( CTRL+Shift+X )  secara bersamaan.



Hingga disini penjelasan saya mengenai cara menggunakan auto indent bagi merapihkan kode di sublime text, semoga bermanfaat.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP