Cara Membuat Validasi Input Kosong Dengan jquery

Halo Dumenity, selamat datang kembali di laman tips dan trik Source Code Aplikasi. Berjumpa kembali dengan saya di pembahasan tips dan trik seputar dunia laman, di kesempatan kali ini saya akan memberikan tips mengenai Cara Membuat Validasi Input Kosong Dengan jquery dimana di artikel sebelumnya saya telah membahas Cara Membuat Form Wajib Angka Dengan jQuer. Apakah urgen bagi memberikan validasi..?? Ya, tentu saja benar-benar urgen dan itu termasuk fitur yang wajib di berikan agar dapat memberikan respon balik kepada user yaitu berupa informasi. Nah pada kasus ini saya akan membangun sebuah validasi input bila kosong.



Ini bermanfaat bagi memastikan data mesti/wajib di isi, sehingga program yang kita bikin lebih maksimal digunakan dengan banyaknya fitur yang mempermudah pengguna atau user. Bagus, seketika saja kita implementasikan Cara Membuat Validasi Input Kosong Dengan jquery teman – teman siapkan text editornya dan siapkan library jQuery nya



https://code.jquery.com/jquery-3.3.1.min.js


Dan ketikkan script html nya di bawah ini



<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
</head>
<body>
<h1>Cara Merancang Validasi Input Kosong Dengan jquery</h1>
<div>
<input type=text name= id=save><button>Simpan</button>
</div>
</body>
</html>


Save dengan nama index.html, kemudian panggil library jQuery nya



<script type=text/javascript src=https://code.jquery.com/jquery-3.3.1.min.js></script>


Kemudian kita panggil button dan berikan manfaat click(), berikutnya kita proses form input dengan kondisi if dan kita gunakan manfaat val()



$(document).ready(function(){<br> $('button').click(function(){<br> var nama = $('#save').val();<br> if(nama == ''){<br> alert('tak boleh kosong')<br> } <br> })<br>})


Kalau teman – teman save dan jalankan di browsernya, kemudian klik di button dengan kondisi form input kosong. Karenanya akan ada alert bagi validasi nya



selamat



Nah gampang sekali bukan..??



Sekianlah tips dan trik sederhana dari saya, semoga bermanfaat bagi teman – teman yang sedang bingung bagi membangun validasi bila inputan kosong. Artikel mengenai Cara Membuat Validasi Input Kosong Dengan jquery ini dapat di jadikan refrensi bagi validasi nya. Semoga bermanfaat, terimakasih dan hingga jumpa.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP