Event Onclick Javascript

haloo teman teman kursuswebsite Source Code Aplikasi, kali ini kita akan belajar diantara event di javascript yaitu event onclick, event onclik di javascript ialah event kalau mouse menjalankan click di element HTML. cara menggunakannya benar-benar lah gampang, yuk kita praktekan teman teman cara membangun Event Onclick di Javascript





ada dua cara penulisan event di javascript, yang pertama-tama kita dapat meletakan event di pada tag html, seperti contoh berikut ini teman teman



<button class =btn btn-info onclick=> klik </button>


hai



yang kedua kita dapat membangun event di pada kode javascript itu sendit seperti contoh berikut ini teman teman



hai



ok kita praktekan dua cara ini yah teman teman, pertama-tama tama pastinya kalian butuh html tepatnya struktur mendasar html berikut dan simpan dengannama index.html dan jangan lupa bikin tag button yang di pada nya ada event onclick.



<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title> Demo </title>
</head>
<body>
<button onclick=klik()> klik </button>

</body>
</html>


dan setelah itu setelah tag button kalian bikin tag script berikut ini yah teman teman.



hai



nah bila selesai kalian dapat buka di browser kalian dan coba klik button nya. karenanya event onclick akan bekerja dan alert yang kita pasang yaitu alert yang isinya ‘event onclick di tekan’ akan mucul. lihat gambar di bawah ini.



hai



cara kedua yaitu dengan cara membangun event nya di pada script javascript, sebelumnya bagi contoh kita masih gunakan file ini dan kita hapus event onclick nya di pada tag html dan function klik() di javacrip dapat kita hapus.



hai



oke setelah itu ketikan kode berikut di pada script javascript yah teman teman.



hai



setelah selesei kalian dapat buka di browser kalian, lalu klik tombol atau button klik. karenanya hasilnya akan sama dengan cara yang pertama-tama.



hai



nah seperti itu contoh diantara event dari javascript, kalian dapat praktekan lebih banyak lagi ya teman teman, demikianlah panduan Event Onclick di Javascript semoga bermanfaat yah teman teman.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP