Perbedaan Internet Dengan Intranet

Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan perbedaan dari internet dengan intranet. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya dijaman era digital ketika ini telah banyak tekhnologi-tekhnologi canggih yang semakin bersaing, salah satunya dibidang Gadget, mungkin teman-teman tak perlu khawatir lagi, bagi ketika ini dengan budget minim pun teman-teman telah dapat mempunyai ponsel dengan berjenis-jenis feature yang canggih. Kalau saya flashback ke waktu lampau saya, dimana di waktu saya ketika itu bagi memperoleh feature ponsel yang setara dengan ponsel-ponsel canggih ketika ini terlihat jauh sekali, dimana di waktu saya tersebut feature tercanggih dari sebuah ponsel hanya sebatas bluetooth, infraret, mp4 dan kamera.



Dan sekalipun ada, bagi memperoleh ponsel dengan feature komplit hanya beberapa orang tertentu saja yang dapat menggunakannya, karena harga ponsel tersebut terbilang mahal. Bagi ketika ini siapa yang tak kenal dengan internet, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa telah paham cara menggunakan internet, tapi tak menutup kemungkinan dari pengguna tersebut beberapa hanya sebatas tahu cara menggunakannya tanpa paham maksud dari internet. Berikut saya jelaskan perbedaan perbedaan dari internet dengan intranet.



Internet



Internet atau singkatan dari interconnection-networking ialah jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar aplikasi global TCP/IP dimana TCP/IP tersebut selaku protokol pertukaran paket guna melayani seluruh penggunanya di seluruh dunia. Internet itu sendiri terdiri dari berjenis-jenis macam-macam jaringan komputer diantaranya ialah jaringan private (dibangun dan digunakan hanya bagi satu kelompok tertentu), jaringan publik (dibangun oleh pemerintah atau penyedia jasa telekomunikasi bagi publik), jaringan akademik (dibangun dan didanai pemerintah ataupun swasta yang didedikasikan bagi pendidikan dan penelitian), jaringan bisnis, maupun jaringan pemerintah (dibangun dan didanai pemerintah yang digunakan khusus bagi pemerintahan). Internet dapat dihubungkan via teknologi optical, wireless, ataupun teknologi elektronik.



Pertama-tama kali dibangun, Internet adalah jaringan komputer dan dibentuk oleh Departemen Pertahanan USA di pertengahan tahun 1969, via proyek ARPA atau yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), kemudian mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan aplikasi komputer yang dengan UNIX, sehingga satu sama lainnya dapat mengerjakan komunikasi tanpa terbatas dengan jarak (sekalipun itu jauh) via saluran telepon.



Via proyek tersebut, ARPANET mendesain format jaringan yang handal, dan seberapa besar informasi tersebut dapat dipindahkan, hingga akhirnya seluruh standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal bagi pembangunan protokol yang baru atau hingga ketika ini dikenal selaku TCP(Transmission Control Protocol) / IP(Internet Protocol).



Dan tujuan awal dari dibangunnya proyek tersebut ialah diperuntukkan khusus hanya bagi kebutuhan militer. Dan di ketika itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membangun aplikasi jaringan komputer yang tersebar diberbagai penjuru dengan menghubungkan komputer di khawasan vital guna mengatasi masalah-masalah yang mungkin saja terjadi apabila terjadinya serangan nuklir dari ancaman negara-negara luar, sehingga apabila terjadinya perang, serangan tersebut dapat dihancurkan dengan gampang.



intranet



Sedangkan Intranet ialah sebuah jaringan yang bersifat private (hanya sebastas ruang lingkup sekitar) yang memanfaatkan protokol-protokol Internet seperti TCP/IP. Intranet biasanya digunakan di berjenis-jenis Perusahaan, Instansi Pendidikan dan Instansi Pemerintahan yang diperuntukkan bagi membagi informasi secara rahasiaantar sesama anggota atau karyawannya. Namun kadang-kadang, istilah intranet tersebut hanya merujuk kepada layanan yang terlihat seperti situs web internal Perusahaan, Instansi Pendidikan dan Instansi Pemerintahan. Bagi membangun jaringan tersebut, sebuah jaringan mesti mempunyai beberapa komponen seperti Internet Protokol, Transmission Control Protocol dan protokol lainnya yang bersifat client atau server. Protokol HTTP(Hypertext Transfer Protocol) dan beberapa protokol Internet lainnya seperti FTP(File Transfer Protokol), SFTP(Secure File Transfer Protokol), POP3 atau SMTP yang di umumnya sering digunakan.



Hingga disini penjelasan saya mengenai perbedaan dari internet dengan intranet, semoga bermanfaat.



 




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP