Pengertian JSON

Halo teman teman Source Code Aplikasi, kali ini kita akan belajar apa itu JSON, JSON yaitu kepanjangan dari Javascript Object Notation, adalah suatu syntax atau format bagi menyimpan data atau digunakan pada sebuah proses pertukaran data. JSON ini bukan bahasa program dan pun bukan database melainkan bagi memformat Data yang tak bergantung di bahasa pemrogramman apapun karena menggunakan gaya bahasa yang umum digunakan oleh programmer termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python dll. Oleh karena sifat-sifat tersebut, menjadikan JSON ideal selaku bahasa pertukaran-data.. sama halnya seperti XML dimana JSON betul-betul gampang di baca, bagus bagi manusia ataupun maupun mesin dan pun JSON lebih ringan karena penulisannya lebih simpel di bandingkan dengan XML, JSON tak hanya bagi Javascript tapi bagi bahsa pemrogramman lain pun, kalian dapat lihat lebih banyak mengenai JSON in di link berikut https://www.json.org/.





JSON terbuat dari dua struktur:




  • Kumpulan pasangan nama/nilai. Di beberapa bahasa, hal ini dinyatakan selaku objek (object), rekaman (record), struktur (struct), kamus (dictionary), tabel hash (hash table), daftar berkunci (keyed list), atau associative array.


  • Daftar nilai terurutkan (an ordered list of values). Di kebanyakan bahasa, hal ini dinyatakan selaku larik (array), vektor (vector), daftar (list), atau urutan (sequence).



Struktur-struktur data ini disebut selaku struktur data universal. Di dasarnya, segala bahasa pemprograman moderen mendukung struktur data ini pada wujud yang sama maupun berlainan. Hal ini pantas disebut demikian karena format data gampang dipertukarkan dengan bahasa-bahasa pemprograman yang pun merujuk pada di struktur data ini.



Cara penulisan JSON ini betul-betul simpel yaitu dengan menggunakan “key” dan “value” berikut saya contohkan.



{namaDepan: arif, namaBelakang: Julianto}


di atas kita punya 2 data JSON yaitu dengan key namaDepan dan namaBelakang, dan valuenya arif dan Julianto dan simpan dengan format file.json. atau di sini saya beri nama contoh.json



 merupakan



bagi penulisan array di JSON seperti ini. contohnya kita punya array identitas dan key namaDepan dan namaBelakang dengan value masing masing, berikut contohnya.



{identitas:[
{namaDepan: Arif, namaBelakang: Julianto},
{namaDepan: Risman, namaBelakang: budiman},
{namaDepan: Reza, namaBelakang: Ananda},
]}


demikianlah artikel mengenai Pengertian JSON semoga bermanfaat yah teman teman 😀



 



 




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP