Pengertian Composer

Composer yakni Dependecy Manager yang terdapat di pada pemrogramman PHP. Dependency yakni bergantung, atau dapat di sebut banyak file yang bergantung pada file file yang lain, dimana satu program bergantung di program yang lainnya.





Kita tahu bahasa pemrogramman PHP yakni bahasa pemrogramman bersifat open source dan siapapun dapat membangun script menggunakan bahasa pemrograman PHP ini. misalnya kita sedang membangun program menggunakan script PHP tapi memerlukan diantara framework atau library yang kita butuhkan pada progres proyek kita, nah berarti script kita akan terhubung dengan script orang lain yang telah membangun Framework atau library tersebut. di pada framework atau library tersebut pun, biasanya dan mungkin saja terhubung pun dengan script script atau library atau plugin yang orang lain pun bikin.



Jadi ketika script script ini saling bergantung seperti ini, cenderung lebih sulit bagi mengelolanya apalagi ketergantungan nya banyak dan semakin besar. dan pun apalagi kalau kita telah bekerja dengan suatu tim, disini lah di butuhkannya pengelolaan dependency yang bagus. karena kalau tak di mengatur akan menjadi berantakan.



Disini lah peran dari Composer bagi mengelola perubahan perubahan dependency PHP tadi. Misalkan ada framework yang update, karenanya secara otomatis kita hanya perlu meng updatenya lewat composer ini.



lumayan panjang penjelanannya teman teman :P.. nah kali ini kita akan coba bagaimana cara menginstallnya di komputer kita. seketika saja kalian buka link ini https://getcomposer.org/ dan unduh, karena disini saya memakai windows karenanya panduan kali ini caranya sesuai dengan Program Operasi windows.



setelah unduh kalian dapat instal di komputer kalian, dan setelah berhasil di install kalian buka Command Prompt kalian dan ketikan command composer di command prompt kalian. bila berhasil karenanya outputnya akan seperti gambar di bawah ini.



atau



kini kalian dapat menggunakan composer tersebut, dan bila ingin mencari package package yang di butuhkan kalian dapat cari di link ini https://packagist.org/..



Sekianlah artikel mengenai Pengertian Composer, semoga memberikan manfaat yah Teman teman.. 😀




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP