CRUD Laravel Part 2

setelah sebelumnya kita install framework laravel, configurasi database, migrasi table dan insert data di phpmyadmin sekarang ini kita akan mencoba menampilkan data tersebut ke view dengan model dan controller. yuk kita prakterak toturial CRUD Laravel Part 2 ini teman teman.





sekarang ini kita ke file route nya di app/Http/routes.php



bikin di pada file tersebut route baru seperti di bawah ini.



Route::get(‘user’, ‘userController@index’);





ini maksudnya yakni kita merancang route user, di pada nya menjalankan controller yang bernama userController di pada class userController ada method index.



sekarang ini kita merancang controller, tpi kita merancang nya dengan menggunakan command prompt. berikut caranya.



buka command prompt kalian arahkan ke root file projek crud laravel kalian dan ketikan petunjuk berikut.



php artisan make:controller userController




karenanya controller dengan secara otomatis akan terbuat.





lalu setelah itu kita bikin modelnya, model ini akan menghubungkan antara controller dan database. bagi merancang model ketikan ini di cmd kalian, misalkan kita akan merancang model dengan nama user.





karenanya model dengan class users akan otomatis terbuat. di sini kita akan seting ke table yang kita bikin, lihat gambar di bawah





di atas saya merancang protected $table dan protected $fillable, protected $table ini yakni mengarah kan bahwa model users ini akan mengakses table yang bernama 00crudusers dan protected $fillable ini akan menunjukan bahwa field field mana yang dapat berubah data nya, disini saya punya field nama dan field tempat tinggal yang kan kita main nantinya.



setalah itu di userController kita sambungkan model yang tadi kita bikin, tujuan nya agar dapat kita tampilkan ke pada view, begini caranya.



ketikan use Namespacenama modelnya, jadi use AppUsers;





dengan beitu model telah tersambung dengan controller, tinggal kita mengaksesnya bagi di tampilkan di view.



nah karena method index belum kita bikin jadi sekarang ini kita bikin kode nya, ketikan kode di bawah ini di pada userController.





bagi kegunaan ::get() itu maksudnya yakni mengambil seluruh data dari class model Users dan di dlaamnya itu yakni table  00crudusers. dan bila kita lihat di view kita karenanya akan terlihat data data yang akan di tampilkan, tentu saja belum kita rapihkan yah teman teman, dan kegunaan dd() di laravel sama dengan kegunaan var_dump() di PHP lazimnya.





tampilan di view kita menunjukan bahwa kita punya dua data array dna klo kita klik bagian atributes karenanya data dengan nama arif dan Risman akan terlihat.





nah bagi menampilkan nya secara rapi dan menggunakan theme bootstrap dan theme engine bawaan laravelnya, kita akan bahas di artikel berikutnya, oke sekianlah panduan CRUD Laravel part 2 semoga bermanfaat yah teman teman :D.



 




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP