CRUD Laravel part 1

Laravel ialah diantara Framework PHP yang sengat terkenal dan menjadi 10 Framework php terbaik yang banyak di gunakan di dunia pemrograman laman, laravel ini adalah sebuah sebuah framework PHP yang dirilis dibawah lisensi MIT, dibangun dengan konsep MVC (model view controller). Laravel ialah pengembangan laman dengan MVP yang ditulis pada PHP yang dirancang bagi meningkatkan kualitas perlengkapan lunak dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan biaya pemeliharaan, dan bagi meningkatkan pengalaman bekerja dengan program dengan menyediakan sintaks yang ekspresif, jelas dan menghemat waktu. Laravel sendiri pertama-tama kali di bikin dan dikembangkan oleh Taylor Otwell  di tahun 2011 dan kini telah mencapai versi 5.5 Banyak sekali fitur-fitur yang amat menolong kita pada framework laravel ini. lebih lengkapnya penjelasannya kalian dapat ke documentasinya seketika yah di slink ini https://laravel.com/. Dan dengan framework ini saya akan menshare bagaimana cara membangun CRUD dengan Laravel, yuk kita praktekan.






Sebelum mempraktekannya kalian mesti menginstall composer dulu yah teman teman, klo belum faham pengertian composer dapat buka di link ini https://www.kursuswebsite.org/pengertian-composer/ .



pertama-tama kita unduh dulu framework Laravel nya dengan composer, buka command prompt kalian lalu arahkan ke htdocs root foldernya. lihat gambar.





gambar di atas menunjukan kalo folder htdocs saya berada di drive L di pada folder xampp, nah setelah ketikan ini di command prompt kalian.



composer create-project –prefer-dist laravel/laravel crud_laravel, dan tunggu hingga selesei yah teman teman.





yups, fresh installan laravel kita telah siap di gunakan. bagi menjalankan kalian dapat akses dengan memanggil file php seperti biasanya dan dapat pun dengan memanggil menggunakan Local Development Server bawaan nya framework laravel. ketikan di composer kalian php artisan serve, dan di web browser kalian ketikan localhost:8000 karenanya hasilnya seperti di bawah ini.







setelah itu kalian bikin database dan sambungkan dengan laravel kalian, disini saya telah membangun database dengan nama webmaster, di file .env rubah setingannya. menjadi seperti ini





bagi username dan password sesuaikan dengan yang kalian punya yah.



dan setelah itu bikin tabel, saya di sini membangun tabel dengan nama 00crudusers, kita bikin dengan cmd yah, ketikan php artisan make:migration create_00crudusers_table karenanya akan terbuat file di pada folder databse/migrations file baru.





didalamnya bikin field table nya seperti berikut. kita bikin field id, nama, tempat tinggal.





lalu ketikan php artisan migrate di cmd kalian





karenanya tabel 00crudusers dan field nya berhasil di bikin, lihat di phpmyad admin kalian.







kita coba masukan dua data





kita lanjutkan di part 2 yah teman teman , demikian panduan CRUD Laravel part 1,  semoga bermanfaat 😀




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP