Apa Itu IIS ?

Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu iis. Pelu teman-teman ketahui sebelumnya, IIS atau singkatan dari Internet Information Services ialah web server yang dibangun oleh Microsoft yang fleksibel, aman dan gampang diatur bagi hosting apapun di Blog teman-teman. Dari media streaming ke program web, arsitektur terukur dan terbuka IIS siap menangani kewajiban yang sangat menuntut. Web server tersebut ialah Sebuah HTTP web server yang dapat digunakan di pada Program Operasi Windows seperti Windows Server, Windows Server 2000, mulai dari Windows Server NT 4.0 hingga dengan Windows Server 2003. Dan layanan tersebut adalah sebuah layanan yang terintegrasi didalam Windows Server 2000, Windows Server 2003 atau dapat pun digunakan selaku add-on di pada Windows NT 4.0. Layanan tersebut berfungsi selaku pendukung protokol TCP/IP yang berjalan di pada lapisan suatu program. IIS menjadi fondasi dari platform Internet Microsoft,  yang melingkupi Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System, dll.



Sejarah IIS



Menurut sejarah, IIS pertama-tama kali dirilis selaku set tambahan dari layanan-layanan yang dengan Internet bagi Windows NT 3.51. Dan beberapa ketika kemudian, hadirlah IIS 2.0 yang dirilis dengan tambahan dukungan yang diperuntukkan bagi aplikasi operasi Windows NT 4.0 yang baru dirilis di ketika itu, kemudian rilis lagi IIS versi 3.0 yang diperuntukkan guna mendukung lingkungan skrip dinamis Active Server Pages atau yang lazimnya disebut dengan ASP. Akan tetapi IIS 4.0 yang dirilis tersebut menonaktifkan bagi dukungan protokol Gopher dan dibundel pada CD-ROM Windows NT.



Versi terbaru dari IIS ialah versi 7.0 yang diperuntukkan bagi Windows Vista dan Windows Server 2008, dan versi 6.0 diperuntukkan bagi Windows Server 2003 dan Windows XP Professional x64(bit) Edition, sedangkan bagi versi 5.1 yang dirilis diperuntukkan bagi Windows XP Professional. Namun sayangnya di versi tersebut mempunyai batasan yang hanya dapat mendukung 10 koneksi simultan dan hanya satu buah situs web saja di pada Windows XP.



Menurut Netcraft, di bulan Februari 2014, IIS mempunyai pangsa pasar sebesar 32,80%, dan menjadi server web yang terpopuler menduduki posisi kedua di mata dunia, kemudian setelah posisi IIS di duduki oleh Apache HTTP Server yang jumlah penggunanya sebesar 38,22%. Sejak tahun 2012 Netcraft menunjukkan tren kenaikan pangsa pasar bagi IIS yang secara Signifikan. Sedangkan menurut W3Techs dimana di tanggal 14 Februari 2014 menunjukkan hasil yang sebaliknya. Ia berpendapat bahwa IIS menduduki posisi ketiga yang sangat banyak jumlah penggunanya setelah Apache HTTP Server (1st place) dan Nginx. Dan ini menunjukkan penurunan secara konsisten bagi pemakaian IIS sejak itu.



Hingga disini penjelasan saya mengenai apa itu iis, semoga bermanfaat.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP