Cara Minify File dan Akibat Tidak Di Minify

Halo selamat datang kembali di laman tips dan trik Source Code Aplikasi, Berjumpa lagi dengan saya pada pembahasan tips seputar dunia laman. Di kesempatan kali ini saya akan memberikan tips mengenai Cara Minify File dan Akibat Tidak Di Minify, apa yang di maksud mengenai minify..??



Minify atau yang lazimnya disebut Minification yakni proses menghilangkan data yang berlebihan tanpa mempengaruhi performa file itu sendiri yang nantinya akan di proses oleh browser. Pada hal ini kita selaku pembuat laman wajib mengetahui mengenai minify file dan akibat tak di minify. Minify atau lebih tepatnya kompres file dapat kita lakukan di project kita yang telah di hosting, yang dimaksud minify sendiri yakni memperkecil ukuran file css, html, javascript dimana pada pengodingan file kita lazimnya menggunakan spasi, enter, tab, komentar kode dan lain sebagainya.



Nah pada hal minify, merujuk kepada menghilangkan spasi, tab, enter, komentar kode menjadi file inline tersambung begitupun file yang lainnya. Di artikel kali ini Cara Minify File dan Akibat Tidak Di Minify saya akan memberikan cara minify file dengan tools laman yang telah terdapat. Teman – teman dapat bukan http://minifycode.com/ bagi minify file, sebelum kita mulai langkah minify nya alangkah baiknya kita cek laman kita terlebih dahulu analis nya dengan cara kita masukkan domain kita di pada form analyze di laman https://gtmetrix.com/ disini saya menggunakan domain laman ini.



Halo



Klik tombol analyze, karenanya akan menampilkan informasi laman kita dengan komplit



Halo



Di gambar di atas ini minify file berwarna hijau yang berarti beberapa file telah di minify, berikutnya kita akan minify file. Pada kasus ini saya menggunakan file css. Teman – teman siapkan file yang akan di minify dan buka link http://minifycode.com



Halo



Klik css minifier dan saya akan memasukkan file css yang saya minify



Halo



Kemudian klik minify css



Halo



File yang telah kita minify, kita copy dengan cara ctrl+a lalu copy dan pastekan di text editornya save dengan nama yang sama.



Halo



Begitulah cara memperkecil size file atau minify file, teman – teman dapat implementasikan pun di project nya. Dan proses minify dapat mengurangi 10% – 95% ukuran file itu sendiri sehingga browser akan membaca file lebih cepat. Akibat file tak di minify pun akan mengurangi kecepatan laman itu sendiri. Bagus, demikianlah di artikel kali mengenai Cara Minify File dan Akibat Tidak Di Minify ini kurang lebih nya mohon maaf. Sesungguhnya saya hanya manusia lazimnya yang tak luput dari salah 🙂



Sekiranya ada yang mau di tanyakan komentar saja di kolom bawah ini, demikianlah dan terimakasih.



Semoga bermanfaat.



 




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP