Cara Menggunakan Flush DNS Di Komputer

Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan flush dns cache di komputer. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, kegunaan Flush DNS Cache ialah bagi mengerjakan perubahan di komputer atau jaringan yang sedang di gunakan dengan tujuan supaya dapat menyesuaikan informasi dan perubahan-perubahan yang terjadi seperti perubahan Domain, DNS, Situs, IP, Name Server yang belum terlihat record data terbarunya setelah adanya perubahan atau perpindahan record data yang dilakukan.



Meskipun teman-teman telah mengerjakan pembersihan hoistory dan cookie di browser berkali kali, namun biasanya tetap saja belum dapat menyesuaikan dengan perubahan yang terbaru di browser maupun di komputer teman-teman.



Dan bagi pergantian DNS dilakukan di suatu domain yang telah expired atau ketika ada perpindahan tempat hosting dari yang lama ke hosting yang baru sehingga DNS Domain tersebut perlu ada perubahan menggunakan DNS Default dari penyedia hosting yang baru.


Sedangkan bagi meresolve atau bagi menyesuaikan perubahan domain tersebut di komputer teman-teman biasanya memerlukan waktu 1×24 jam dan otomatis akan menyesuaikan dengan perubahan yang terbaru.



Akan tetapi apabila di network atau di komputer teman-teman masih belum menyesuaikan dengan perubahan data yang terbaru bila melebihi rentang waktu tersebut, karenanya teman-teman dapat menggunakan Flush DNS Cache bagi menghapus data konfigurasi yang lama dengan perubahan data konfigurasi yang baru di komputer teman-teman, dan dari masing-masing operating system biasanya berbeda cara bagi mengerjakan Flush DNS Cache.



Berikut dibawah ini tahapan-tahapan bagi mengerjakan Flush DNS Cache :



1. Cara Mengerjakan Flush DNS Cache Di Windows




  • Teman-teman dapat menekan tombol Windows+R, dan ketikan CMD.


  • Apabila telah teman-teman dapat mengetikan lagi petunjuk ipconfig/flushdns


  • Lakukan cara tersebut sebanyak 5x berulang



2. Cara Mengerjakan Flush DNS Cache Di LINUX




  • Bagi menghapus Flush DNS Cache di operating program Linux ,teman-teman periksa terlebih dahulu apakah kegunaan caching telah diaktifkan


  • Dan bagi mengecek nya teman-teman dapat buka Terminal terlebih dahulu dan ketik petunjuk ps ax | grep dnsmasq


  • Berikutnya teman-teman akan melihat hasil dari output petunjuk tersebut dan lihat di kalimat “cache size“. apabila nilainya 1 karenanya Flush DNS Cache nya telah aktif dan bila nilainya 0 karenanya sebaliknya.


  • Dan bila nilainya 0, bagi mengaktifkannya teman-teman dapat ketikan petunjuk  sudo dnsmasq -c 150


  • Apabila telah tutup terminal nya terlebih dahulu


  • Apabila telah aktif berikutnya, buka terminal nya lg dengan menekan tombol Ctrl+Alt+T dan ketik petunjuk sudo /etc/init.d/dns-clean restart


  • Berikutnya ketikan lg petunjuk sudo /etc/init.d/networking force-reload



3. Cara Mengerjakan Flush DNS Cache Di MAC OS





  • Bagi Mac Os Tiger Mac, teman-teman dapat seketika ketikan petunjuk $ lookupd -flushcache


  • Bagi Mac Os Leopard Mac, teman-teman dapat seketika ketikan petunjuk $ dscacheutil -flushcache



Hingga disini penjelasan saya mengenai cara menggunakan flush dns cache di komputer, semoga bermanfaat.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP