Cara Membuat Popular Post Menggunakan PHP Mysql

Halo teman-teman, Artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara Merancang Popular Post Menggunakan PHP Mysql. Popular post biasanya di letakan di sidebar sebuah situs. Mungkin teman-teman sering lihat di sebuah portal berita atau semacamnya. Nah kali ini saya akan merancang popular post menurut view nya. Langkah Pertama-tama teman-teman merancang terlebih dulu database beritanya, Seperti di gambar.





Artikel



Kemudian teman-teman insert beberapa contoh berita. Disini saya akan gunakan text dummy lorem ipsum ya teman-teman. Teman-teman pun dapat gunakan text dummy bagi mempermudah penyusunan websitenya mengenai Cara Merancang Popular Post Menggunakan PHP Mysql karena disini kita akan membutuhkan text banyak bagi isi konten berita. Dapat kunjungi link https://www.lipsum.com/ lalu tinggal copy paste saja. Setelah tabel berita telah diisi seperti ini.



Artikel



Lalu teman-teman bikin struktur html sementara seperti di script di bawah ini.



Artikel



Selesai merancang html, kemudian teman-teman dapat berikan styles cssnya bagi merapikan layout di situs portal berita ini. Scriptnya selaku berikut ya.



Artikel



Nah setelah selesai merancang html dan css, jangan lupa teman-teman simpan filenya dan berikan nama index.php. Dan kini kita masuk ke php, pertama-tama kita koneksikan terlebih dahulu ya databasenya. Bagi mengkoneksikannya karenanya teman-teman bikin script seperti dibawah ini.



$connection=mysqli_connect(localhost, root, , shelli);
if(!$connection)
die(Connection failed : .mysqli_connect_error());


Apabila koneksi telah berhasil lalu kita bikin script php bagi menampilkan data dari database yang terdapat di tabel berita yang tadi telah kita bikin.



$query=mysqli_query($connection, SELECT * FROM berita);


Lalu kita cetak dan kita looping di tempat yang telah kita sediakan didalam div class left yang berada di pada artikel seperti di gambar.



<div class=left>
<h2>Berita</h2>
<?php if (mysqli_num_rows($query)) {?>
<?php while($row=mysqli_fetch_array($query)) {?>
<h4><?php echo $row [judul] ?></h4>
<p><?php echo substr($row [isi],0,200) ?>..<a href=detail.php?detail=<?php echo $row[id]?>>readmore</a></p>
<?php } ?>
<?php } ?>
</div>


Karenanya data berita yang telah kita insert di mysql akan muncul seperti ini.



Artikel



Yang kedua kita bikin halaman detail.php nya. Teman-teman dapat copy paste dari index.php lalu teman-teman ubah beberapa bagian seperti di gambar.



Artikel



Teman-teman jangan lupa bagi perhatikan link a href di kata readmore yang terdapat di file index.php, pastikan telah sesuai dengan nama file detailnya. Teman-teman pun dapat lihat query bagi merancang popular postnya yang telah saya berikan tanda komentar. Dimana query tersebut akan selalu menjalankan update di kolom views yang terdapat di tabel berita setiap kita mengklik kata readmore karenanya secara otomatis kolom views akan bertambah saru. Nah ketika telah sesuai karenanya popular post telah berhasil kita bikin dan popular post akan muncul di sidebar menurut viewer terbanyak. Seperti demikianlah Cara Merancang Popular Post Menggunakan PHP Mysql . Hingga disini pembahasan kita, semoga panduan ini bermanfaat dan selamat mencoba ya teman.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP