Cara Membuat Perhitungan Otomatis Menggunakan Trigger Mysql

Haloo teman-teman, artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara Merancang Perhitungan Otomatis Menggunakan Trigger Mysql. Mysql yaitu tempat bagi kita menyimpan data pada sebuah table terpisah. SQL sendiri mempunyai singkatan yaitu “Structured Query Language”. Dimana pada Mysql terdapat Trigger yang dapat menjalankan command SQL sebelum atau setelah kita mengerjakan command insert, update ataupun delete.





Oke teman-teman, sekarang ini saya akan merancang study case sederhana yang berhubungan dengan Cara Merancang Perhitungan Otomatis Menggunakan Trigger Mysql. Langkah pertama-tama saya akan bikin dua buah table di pada Mysql. Sebelum itu jangan lupa aktifkan module Apache dan Mysql yang terdapat di pada control panel xampp. Kalo teman-teman belum punya silahkan install terlebih dulu xamppnya ya. Bagi membuka Mysqlnya teman-teman dapat buka link localhost/phpmyadmin/index.php di browser masing-masing lalu nanti akan tampil seperti gambar dibawah ini. Oke teman-teman, seketika saja saya akan bikin nama databasenya di Mysql. Nama databasennya bebas ya asal jangan ada spasi. Setelah database dibangun, saya bikin 2 buah tabel. Tabel pertama-tama saya beri nama stok_barang dengan 3 buah kolom di dalamnya seperti di gambar dibawah.



artikel



Lalu saya bikin data barangnya di kolom stok_barang.



artikel



Tabel kedua saya beri nama penjualan dengan 5 buah kolom di dalamnya seperti di gambar.



artikel



Di pada tabel penjualan saya tambahkan command SQL yang saya bikin di pada Trigger, seperti di gambar.



artikel



Oke temen-temen, saya akan jelaskan lebih detailnya.




  • Trigger name teman-teman bebas berikan nama triggernya.


  • Table dipilih merujuk pada adanya transaksi.


  • Time yaitu waktu ketika kita ingin menjalankan command SQL After / Before


  • Event yaitu kegiatan mengerjakan transaksinya.



Dan terakhir command SQLnya saya masukan di pada definition. Sintaxnya seperti berikut;



BEGIN
UPDATE stok_barang set stok = stok - NEW.qty WHERE kd_brg = NEW.kd_brg;
END


Command SQL ini mengerjakan update di pada table stok_barang di kolom stok. Yaitu kolom stok di table stok_barang dikurangi qty yang baru di insert di table penjualan dimana kd_brg di table stok_barang sama dengan kd_brg yang baru di insert di table penjualan. Nah penjelasan sederhananya yaitu ketika kita mengerjakan insert penjualan karenanya stok barang akan berkurang sesuai qty yang terjual. Disini saya akan mengerjakan insert penjualan.



artikel



artikel



Karenanya secara otomatis stok barang Hp Oppo yang awalnya berjumlah 50 pcs berkurang 2 pcs menjadi 48 pcs karena adanya penjualan. Seperti demikianlah Cara Merancang Perhitungan Otomatis Menggunakan Trigger Mysql. Mudahkan ?  Demikian panduan dari saya, selamat mencoba ya.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP