Apa Itu Selector ID dan CLASS dalam HTML

Hallo Rekan rekan Dumenity berjumpa lagi pada panduan Source Code Aplikasi, di panduan kali ini saya akan membahas mengenai APA ITU  SELECTOR ID DAN CLASS DALAM HTML. Selector id yaitu selector yang digunakan bagi penamaan pada faktor HTML tujuan bagi mempermudah penulis pada pengaturan di CSS. Seperti itu pun dengan Class. Cuman dari keduanya terdapat perbedaan seandainya ID bersifat unik hanya boleh satu id pada satu file HTML tak boleh lebih sedangkan class boleh digunakan berulang – ulang. Oke seketika saja kita akan mempraktekkannya.  Pertama-tama teman – teman siapkan dulu text-editornya, karena penulis akan merancang script HTML dan CSS, di sini saya mengguanakan Sublime Text bagi menuliskan scriptnya



Untuk seorang pemula, ketika masih belajar HTML CSS pasti menanyakan kenapa ada dua atribut ID dan Class, karena atribut ID dan Class digunakan bagi menamai tag HTML. Lalu apa perbedaan dari keduanya?



ID



Atribut ID digunakan bagi penamaan bagian HTML yang mempunyai karakteristik unik/berbeda. Tak boleh ada dua atau lebih bagian tag HTML yang mempunyai ID yang sama. Perhatikan contoh berikut :




  1. <div id=‚fitur‛>


  2. <ul id=‚fitur‛>


  3. <li>Beranda</li>


  4. <li>Panduan</li>


  5. </ul>


  6. </div>



Pemakaian atribut ID di contoh di atas yakni salah, karena terdapat dua ID yang sama, yaitu “fitur” di tag <div> dan <ul>.



Perhatikan contoh sebelumnya, bahwa kita menggunakan ID yang berbeda bagi setiap div yakni, header, content, sidebar dan footer karena semuanya mempunyai struktur dan manfaat yang berbeda pada suatu dokumen HTML.



Class



Class digunakan bagi penamaan bagian HTML yang mempunyai karakteristik/struktur sama dan dapat digunakan berulang kali pada markup (Kode HTML). Selaku contoh, perhatikan kode HTML berikut :




  1. <ul id=‚fitur‛>


  2. <li class=‚hijau‛>Beranda</li>


  3. <li>Panduan</li>


  4. <li class=‚merah‛>Berita</li>


  5. <li>Video</li>


  6. </ul>



Di script HTML di atas, saya menggunakan class hijau di beberapa beberpa  bagian HTML, karena nantinya bagian tersebut yang mempunyai class hijau akan diberi warna background-color hijau.



Kesimpulannya yakni, ketika sahabat mempunyai beberapa faktor dengan karakter/format yang sama, gunakan Class selaku penamaannya dan Gunakan ID bagi faktor yang berbeda dan membutuhkan tanda pengenal lebih spesifik.



Oke demikianlah sedikit ilmu dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP