Cara Dasar Menggunakan mpdf pada PHP

Hallo sobat program, bertemu lagi dengan saya Rizal dan masih diwebsite Source Code Aplikasi. Di kesempatan kali ini saya akan membahas seputar reporting data atau merancang data menjadi format pdf dan dipembahasan ini saya akan mengajarkan Cara Mendasar Menggunakan mpdf di PHP.



Mpdf adalah sebuah sebuah library yang disediakan bagi menolong kira para programmer pada merancang report data dengan format PDF. PDF adalah sebuah singkatan dari portable document format yaitu sebuah dokumen digital.



Oke seketika saja kita mulai Cara Mendasar Menggunakan mpdf di PHP. Jadi disini hal yang mesti teman-teman siapkan bagi memulai menggunakan mpdf yakni yang pertama-tama teman-teman unduh terlebih dahulu library mpdfnya di situs ini >> https://mpdf.github.io/



Jikalau telah memperoleh librarynya, karenanya langkah berikutnya teman-teman bikin sebuah folder dengan nama bebas lalu extract library mpdfnya kedalam folder yang telah teman-buat apabila telah bikin pun sebuah file PHP nya karenanya akan seperti di contoh gambar dibawah ini :



bertemu



Di gambar diatas kita telah mempunya 1 buah file PHP serta library MPDF. Oke langkah berikutnya buka file PHP nya lalu teman-teman tambahkan kode PHP nya seperti di contoh dibawah ini :



<?php 
//memanggil library mpdf
include(mpdf60/mpdf.php);

//object
$mpdf = new mPDF();

//character set
$mpdf->charset_in = 'UTF-8';

//tampil pdf browser
$mpdf->WriteHTML('<h1 style=text-align:center>Hallo Source Code Aplikasi</h1>');

$mpdf->Output();

exit();
?>


Jikalau telah, langkah terakhir silahkan dijalankan dibrowser yang teman-teman gunakan. Dan apabila berhasil karenanya hasilnya akan seperti di contoh gambar dibawah ini :



bertemu



Jadi contoh hasil diatas seketika berupa PDF di browser yang teman-teman gunakan. Lumayan gampang ya teman-teman :D.



Jadi seperti demikianlah contoh sederhana dari pembahasan kita kali ini mengenai Cara Mendasar Menggunakan mpdf di PHP. Semoga dapat amat bermanfaat bikin teman-teman dan hingga bertemu dipembahasan berikutnya.



Terimakasih




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP