Cara Menggunakan Tag Embed Di Html

Di kesempatan kali ini saya kana menjelaskan cara menggunakan tag embed di html. sebelumnya perlu teman-teman ketahui manfaat dari tag element embed tersebut. HTML <embed> ialah tag element HTML yang digunakan bagi mengintegrasikan program selain HTML (external) atau konten interaktif seperti Plug-in kedalam file HTML Blog yang teman-teman bikin. Dan bagi Pemakaian dari <embed> tersebut bersamaan dengan attribute <src> yang merujuk kepada sumber dari file program selain HTML (ekternal) atau plug-in tersebut. Biasanya di umumnya pemakaian <embed> tersebut sering digunakan bagi menampilkan video dan peta yang akan di tampilkan di Blog teman-teman tanpa mesti menyimpan sumber file tersebut di pada server lokasi tempat penyimpanan folder dan file Blog yang teman-teman bikin.



Seperti contoh kasus berikut, saya mempunyai video di youtube dan saya mau tampilkan video tersebut di Blog yang saya bikin. Pertanyaannya, apakah dapat saya menampilkan video tanpa mesti menyimpan file video saya di lokasi server tempat tersimpannya folder dan file Blog saya. Dengan adanya tag <embed> tersebut yang disediakan dari HTML. kalau kasus nya sama seperti yang saya alami karenanya teman-teman tak usah khawatir, karena disini teman-teman dapat memanfaatkan tag <embed> tersebut.



Berikut Caranya :




  • Disini saya asumsikan teman-teman ingin menampilkan video di Blog teman-teman.


  • Teman-teman buka terlebih dahulu file index.html yang terdapat di folder Blog tersebut


  • Tambahkan atau sisipkan kode seperti di bawah ini ke pada file tersebut :



<embed src=https://www.youtube.com/embed/eJVi9z4iP3s>



  • Seperti yang terlihat di contoh diatas, di kode “https://www.youtube.com/embed/eJVi9z4iP3s” adalah tempat tinggal sumber tempat video teman-teman tersimpan, dan tinggal teman-teman ganti kode tersebut sesuai dengan lokasi sumber file yang ingin teman-teman gunakan.


  • Di contoh tersebut tak hanya berlaku di youtube (bagi lokasi penyimpanannya), dan meskipun lokasi penyimpanan file tersebut di pada server Blog teman-teman atau di situs lain dapat digunakan.


  • Seandainya telah teman-teman dapat save file index.html tersebut, dan lihat hasilnya di Blog teman-teman di Browser, dan kalau kode di lokasi penyimpanan file yang teman-teman sisipkan benar karenanya akan menampilkan video tersebut.



(disini saya sarankan bagi lokasi penyimpanan file video yang ingin teman-teman tampilkan sebaiknya disimpan di pihak ketiga seperti youtube, vimeo, dll. Supaya menghemat space di server Blog teman-teman, selain itu lebih simple digunakan, karena bagi pemakaian <embed> telah disediakan disana)



Hingga disini penjelasan saya mengenai cara menggunakan tag embed di html, semoga bermanfaat.



 




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP