Cara Membuat Tanggal dengan PHP

Sekarang ini kita coba beralih sebentar ke PHP ya teman-teman, masih lumayan sederhana ko teman-teman, kita akan mencoba cara membangun tanggal dengan PHP, hal yang jadi pertanyaan pertama-tama pasti kenapa mesti menggunakan PHP dengan HTML CSS pun dapat tinggal menggunakan tag select dan optionnya, ya benar sekali, tapi pasti betul-betul melelahkan bukan jikalau bikin satu persatu dan pastinya memakan banyak baris pastinya size filenya akan menjadi lebih besar, PHP menanggulangi masalah itu, dengan PHP kita lebih mempersingkat, mempermudah. oke jangan kemana-mana simak terus ya teman-teman.





Di benak teman-teman pasti bertanya-tanya kode PHP yang mana yang dapat menolong cara membangun tanggal dengan PHP, sabar dulu teman-teman hehe, jawabannya yaitu dengan looping, dapat for, while pun dapat. Tetapi disini saya akan mencontoh kannya menggunakan for ya teman-teman. dengan pengulangan yang kebutaln saya membuatnya denga bantuan for, kita tak di susah payahkan dengan menulis satu-satu seperti tanggal, yang terdiri 31 sangat banyak, dan tahun yang semakin tahun pasti bertambah, Oke bagimana cara membuatnya seketika saja, buka text editornya ya teman-teman. silahkan ketik kode seperti ini:



<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Cara membangun tanggal dengan PHP</title>
</head>
<body>
<h1>Cara membangun tanggal dengan PHP</h1>
<!-- Cara Merancang tanggal -->
<select>
<option>tgl</option>
<?php
for ($tgl = 1; $tgl <=31; $tgl++){ ?>
<option><?php echo $tgl ?></option>
<?php } ?>
</select>

<!-- cara membangun bulannya -->
<select>
<option>Bulan</option>
<?php
$nama_bln = array(Januari,Februari,Maret,April,Mei,Juni,Juli,Agustus,September,Oktober,November,Desember);
for ($bln = 0; $bln <= 11; $bln++) { ?>
<option><?php echo $nama_bln[$bln]; ?></option>
<?php } ?>
</select>
<!-- perlu di perhatikan kenapa $bln saya isi dengan 0 karenan kita menggunakan array dimana array di mulai dari angka 0 -->

<!-- cara membangun tahun -->
<select>
<option>Tahun</option>
<?php for($thn=2017; $thn>=1945; $thn--) {?>
<option><?php echo $thn ?></option>
<?php } ?>
</select>
<!-- disini saya ingin menampilkan tahun dari tahun kini hingga tahun 1945 karenanya dari itu prosesnya saya rubah -->
</body>
</html>


Pada kode PHP di atas saya menyertai komen diamana dapat menolong teman-teman pada memahami kenapa saya bikin kode php seprti itu. bagaimana hasilnya karenanya seperti ini hasilnya:



Sekarang



Sekarangn dengan PHP teman-teman dapat melihat sendiri saya membuatnya dari tahun 1945 hingga tahun kini 2017, dengan PHP kita di permudah ya teman-teman, oke saya rasa lumayan hingga disini dulu belajar kita mengenai cara membangun tanggal dengan PHP, semoga bermanfaat dan hingga jumpa terimakasih.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP