Perbedaan Antara sPanel dan cPanel

Di panduan kali ini kita akan membahas mengenai Perbedaan Antara sPanel dan cPanel, sPanel dan cPanel adalah sebuah diantara fasilitas bagi mempermudah proses hosting di sebuah situs, sPanel dan cPanel pun adalah sebuah fasilitas yang diberikan oleh provider webhosting kepada customer atau webmaster, yang berfungsi bagi mengendalikan fungsi-fungsi yang terdapat di webserver. Secara guna antara sPanel dan cPanel tak mempunyai banyak perbedaan diantaranya yaitu :




  1. sPanel



sPanel yaitu panel control hosting yang dikembangkan oleh PT Master Web Network (MWM) dan mempunyai basis  Linux atau Unix, di sPanel mempunyai tampilan yang lebih sederhana dan adalah sebuah versi text yang menggunakan sedikit bandwith, di sPanel terdapat beberapa fitur yang lumayan menarik diantaranya yaitu seperti History Backup setiap 3 bulan dan dapat di restore per file, dan di sPanel mempunyai keamanan Skrip CGI.



Namun di sPanel terdapat beberapa kekurangan di antaranya yaitu, belum terdapatnya fitur yang mendukung script auto installer seperti yang terdapat di cPanel, di ketika kini sPanel masih belum banyak mendukung script auto installer namun bagi CMS seperti WordPress, Joomla, PHPBB, Prestashop, MyBB, OpenChart , Modle  dan Drupall telah dapat menggunakan instalasi auto via sPanel.  




  1. cPanel



Berikutnya yaitu cPanel adalah sebuah sebuah control web yang terdapat di ketika kini ini yang disediakan oleh para penyedia webhosting yang berfungsi bagi mempermudah proses hosting di sebuah situs. di cPanel mempunyai tampilan antarmuka grafis yang membangun cPanel lebih berat diperbandingkan dengan sPanel, namun dari segi keamanan di cPanel terdapat perbedaan yaitu di sPanel menggunakan Sript CGI, namun script tersebut tak terdapat di cPanel.



Di cPanel mempunyai kelebihan yaitu :



Di cPanel terdapat sebuah fitur auto installer yang dapat mendukung lebih banyak CMS Laman yang didapatkan via fitur Softaculous. Dan di cPanel pun terdapat guna administrator mempermudah kita bagi mengatur situs dari web dan admistrasi server via sebuah web.



Dari perbedaan antara sPanel dan cPanel diatas yaitu tak jauh berbeda hanya saja perbedaannya terdapat di tampilannya saja, namun secara guna Perbedaan Antara sPanel dan cPanel yaitu sama bagi mengendalikan webhosting yang kita miliki.



Tentu saja setipa control panel pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, tergantung dari kitanya lebih nyaman menggunakan sPanel atau cPanel, namun apabila ingin menggunakanyang lebih ringan kita dapat menggunakan sPanel tapi kita pastinya mesti hosting web di provider Masterweb, namun di Masterweb tak hanya sPanel tapi pun terdapat cPanel.



Oke teman-teman bagai mana telah lumayan paham ya mengenai Perbedaan Antara sPanel dan cPanel, nah sekianlah dulu panduan kita kali ini mengenai Perbedaan Antara sPanel dan cPanel.



Semoga bermanfaat.



Terimakasih.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP