Mengenal Apa Itu Socket.io

di panduan kali ini kita akan membahas mengenai Mengenal Apa Itu Socket.io, Socket.io adalah sebuah sebuah library javascript yang menolong pada penyusunan program web yang realtime lebih gampang, dengan menggunakan socket.io kita dapat menghubungkan antara client dan server dapat terjadi secara bidirectional (dua arah). Maksudnya yaitu kita dapat menghubungkan client dan server sehingga dapat berperan selaku pengirim dan sekaligus penerima data, komponen yang terdapat di socket.io terdiri dari dua bagian yang pertama-tama client-site yaitu yang berjalan di browser, dan server-site yang dapat digunakan selaku modul bagi node.js.



Di socket.io pun terdapat API, yang berfungsi bagi menjalankan transaksi data, namun sangat tak kita lumayan mengetahui dua  cara yaitu emit() dan on().



emit() berfungsi bagi mengirimkan sebuah pesan dari server ke client dan dari client ke server, namun di dikala data yang dikirimkan telah hingga di tujuannya karenanya client/server dapat menerima dengan menggunakan method on(), jadi guna dari method on() yaitu selaku menerima data atau informasi yang telah diterima yang berikutnya akan segera diproses oleh guna handler yang telah dikerjakan.



Dibawah ini adalah sebuah script yang berfungsi bagi menghubungkan keserver dengan menggunakan method emit seperti dibawah ini :



var http = require('http');
var app = http.createServer(function(request, response) {
.....
});

var io = require('socket.io').listen(app);
io.on('connection', function(socket) {
socket.on('pesan', function(data){
console.log(Client mengirim pesan: + data);
});
socket.on('jumlah', function(data){
var hasil = data.a + data.b;
socket.emit(hasil, hasil);
});
socket.on('disconnect', function(){
console.log(Client disconnected);
});
});

app.listen(3000);


Dan berikutnya script yang digunakan bagi client-site seperti dibawah ini :



<script src=https://cdn.socket.io/socket.io-1.4.5.js></script>
<script type='text/javascript'>
socket = io();
socket.emit(pesan,Hello world);
socket.emit(jumlah,{a:5,b:7});

socket.on('hasil', function(data) {
alert(Server mengirim 'hasil' = + data);
});
</script>


Berikutnya bagi komunikasi dengan server, langkah pertama-tama yang kita lakukan yaitu kita mesti merancang sebuah object socket.io



Socket = io();


Nah object itu lah yang berfungsi bagi meng-handle pada mengirim dan menerima data dari server, dan cara tersebut masih menggunakan cara .emit() bagi mengirim dan .on() bagi menerima.



Oke teman-teman seperti itulah pembahasan kita mengenai Mengenal Apa Itu Socket.io, demikianlah dulu panduan kita kali ini mengenai Mengenal Apa Itu Socket.io.



Semoga bermanfaat.



Terimakasih.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP