Mengenal Apa Itu JWT (JSON Web Token)

Di panduan kali ini kita akan membahas mengenai Mengenal Apa Itu JWT (JSON Web Token)JWT (JESON Web Token), adalah sebuah sebuah token berbentuk JSON, yang ukurannya benar-benar padat dari segi ukurannya, maksudnya yaitu, token JWT dapat dikirim via URL, Parameter Http POST atau di pada Header Http, dan karena ukuran dari JWT benar-benar kecil karenanya dapat di transmisikan atau di proses lebih cepat, di token JWT dapat diverifikasi karena telah di-design  secara digital, dan di token JWT pun dapat di-design dengan menggunakan secret (Algoritma HMAC) atau public / private key (Algoritma RSA).



Lebih kurang struktur dari JWT (JSON Web Token) yaitu seperti dibawah ini :



<base64-encoded header>.<base64-encoded playload >.<base64-encoded signature>



Di struktur JWT (JSON Web Token) yang terdapat diatas terdapat tiga bagian yaitu header berisi algoritma dan jenis token, Playload berisi data, dan signature yaitu verify signature



Di JWT (JSON Web Token) mengandung sebuah informasi yang terdapat dari user yang dibutuhkan, sehingga kita tak perlu query ke database lebih dari satu kali. Nah dibawah ini contoh token yang terdapat di JWT.



eyJhbGciOiJIUzI1NiIsInR5cCI6IkpXVCJ9.eyJzdWIiOiIxMjM0NTY3ODkwIiwibmFtZSI6IkpvaG4gRG9lIiwiYWRtaW4iOnRydWV9.TJVA95OrM7E2cBab30RMHrHDcEfxjoYZgeFONFh7HgQ


Di kode token yang terdapat diatas terdapat tiga bagian yaitu :




  1. Header (Algoritma dan Jenis Token)



eyJhbGciOiJIUzI1NiIsInR5cCI6IkpXVCJ9



  1. Playload (Data)



eyJzdWIiOiIxMjM0NTY3ODkwIiwibmFtZSI6IkpvaG4gRG9lIiwiYWRtaW4iOnRydWV9



  1. Signature (Verify Signature)



TJVA95OrM7E2cBab30RMHrHDcEfxjoYZgeFONFh7HgQ


Nah bagi lebih jelas mengenai token yang terdapat diatas teman-teman dapat lihat di https://jwt.io/#debugger



Cara kerja dari JWT (JSON Web Token) yaitu ketika user berhasil mengerjakan login, karenanya server akan mengembalikan token JWT dan akan disimpan kembali kedalam Local Storage atau Cookies Browser, berikutnya di setiap request atau permintaan yang akan mengakses API haruslah menyatakan token tersebut. Dan di umumnya token tersebut akan disertakan di Authorization Header dengan Bearer schema, bagi contohnya dapat teman-teman lihat seperti dibawah ini :



Authorization: Bearer <token>


Proses yang terdapat diatas disebut pun dengan mekanisme autentikasi yang stateless, karena state di dikala user login tak disimpan kedalam memori server, jadi di dikala request atau mengerjakan permintaan kepada API yang terproteksi akan dilakukan pengecekan apakah token JWT yang terdapat di Authorization header valid atau tak, apabila valid karenanya request atau permintaan akan diijinkan atau diproses.



Jadi kesimpulannya di JWT (JSON Web Token) seluruh informasi yang dibutuhkan bagi proses pengecekan tak perlu lagi menggunakan petunjuk query, hanya dengan menggunakan kode token seperti contoh diatas.



Oke teman-teman itu lah pembahasan kita mengenai Mengenal Apa Itu JWT (JSON Web Token), demikian dulu pembahasan kita kali ini mengenai Mengenal Apa Itu JWT (JSON Web Token).



Semoga bermanfaat.



Terimakasih.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP