Mengenal Apa Itu BBCode Part 1

Di panduan Mengenal Apa Itu BBCode Part 1 kali ini kita akan membahas mengenai Mengenal Apa Itu BBCode, BBCode adalah implementasi khusus dari html, BBcode pun mirip seperti html di BBCode tag nya diapit menggunakan tanda kurung siku [], sedangkan html <>, BBCode biasanya digunakan di CMS berbentuk forum, dan hingga dikala ini masih banyak yang menggunakan BBCode, BBCode biasanya disebut pun selaku Forum Codes.



Di BBCode mendukung fungsi-fungsi seperti, Bold, Underline, Italic, Url, userID,forumID. Dan segala printah tersebut di pangil dengan menggunakan tanda kurung siku [ dan ], selaku contohnya seperti yang terdapat dibawah ini.




  • Misalkan kita ingin merancang text menjadi tebal, karenanya bagi penulisan BBCode nya [b][/b] seperti contoh :



[b]Hallo Word[/b] karenanya hasilnya “ Hallo Word “.




  • Bagi memberikan garis bawah dengan menggunakan [u][/u], selaku contohnya



[u]Hallo Word[/u] karenanya hasilnya “ Hallo Word




  • Berikutnya bagi huruf miring (italic), dengan menggunakan [i][/i] selaku contohnya


  • [i]Hallo Word[/i] karenanya hasilnya “ Hallo Word ”



Berikutnya BBCode pun dapat kita gunakan bagi menganti warna atau membesarkan text, nah bagi menganti warna atau membesarkan text caranya hampir sama kita pun menggunakan tanda kurung siku seperti [color=][/color]. Dan bagi warna kita dapat menggunakan nama-nama warna pada bahasa inggris seperti (red, blue, green, yellow, dan lain-lain), masih mengenai warna kita pun dapat menggunakan warna dengan menggunakan kode heksadesimal, seperti #fffff bagi putih ataupun #00000 bagi hitam, bagi menulis kan kode tersebut di BBCode seperti dibawah ini :



[color=red]Hallo Word[/color] atau [color=#FF0000]Hallo Word[/color] karenanya text Hallo Word tersebut akan berwarna merah yaitu Hallo Word.



Berikutnya kalau kita menggunakan BBCode kita pun dapat menggubah besar text dengan cara [size=][/size]. Nah tag ini pun mesti tergantung theme yang kita gunakan, dan nilai yang digunakan pada ukuran pixel, nilai tersebut dimulai  dari 1pixel yang terkecil dan nilai yang terbesar 29pixel bagi contohnya seperti dibawah ini :



[size=10]KECIL[/size] karenanya hasilnya “KECIL”



Sedangkan



[size=26]BESAR[/size] karenanya hasilnya ”BESAR”



Oke teman-teman itu lah pembahasan kita di panduan Mengenal Apa Itu BBCode Part 1.



Semoga bermanfaat.



Terimakasih.




Mengenal Apa Itu BBCode Part 2







Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP