Cara Menggunakan Metode Chaining Pada jQuery

Halo teman – teman, apa kabar semuanya..?? Selamat datang di laman tips dan triki Source Code Aplikasi, di kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan trik mengenai Cara Menggunakan Metode Chaining Pada jQuery. Sebelum kita mulai kita akan singgung sedikit mengenai cara chaining..??



Cara Chaining memungkinkan kita bagi menjalankan beberapa cara jQuery (dari unsur yang sama) pada satu pernyataan, dimana dari beberapa kegunaan dapat kita gabungkan menjadi satu kegunaan. Dengan cara ini, browser tak mesti mencari element yang sama lebih dari sekali. Artinya browser akan menjalankan sekali saja dari cara chaining, latihan kali ini kita akan menggabungkan kegunaan dengan urutan  css(), slideUp() , dan slideDown(). Yang nantinya kita gunakan kegunaan ini bagi di berikan di tag p yang mempunyai id=”p1″ pertama-tama berubah menjadi merah, lalu slide up, dan kemudian slide down.



Bagus lanjut di tips dan trik Cara Menggunakan Metode Chaining Pada jQuery, teman – teman siapkan text editornya dan ketikkan script html nya seperti gambar di bawah ini



Selamat



Save dengan nama index.html, langkah berikutnya kita berikan library jQuery nya terlebih dahulu



https://code.jquery.com/jquery-3.2.1.min.js


Baru kita akan berikan cara chaining nya dengan menggabungkan tiga kegunaan pada 3 pernyataan



$(document).ready(function(){
$(button).click(function(){
$(#p1).css(color, red);
$(#p1).slideUp(2000);
$(#p1).slideDown(2000);
});
});


Selamat



Bila telah save dan jalankan di browsernya, karenanya hasilnya seperti gambar di bawah ini



Selamat



Karenanya sekiranya berhasil, sekiranya di klik karenanya text “Cara Chaining” akan berubah berwarna merah lalu meluncur keatas dan kemudian meluncur kebawah kembali ke posisi awal, yang berikutnya kita akan menggabungkan dari kegunaan .css(), .slideUp() dan .slideDown() menjadi satu pernyataan. Dari script yang kita ketikkan



Selamat



Kita rubah ke cara chaining menjadi



$(#p1).css(color, red).slideUp(2000).slideDown(2000);


Selamat



Karenanya yang terjadi ialah hasilnya akan sama dengan hasil pertama-tama kali kita jalankan, nah demikianlah cara chining yang mempermudah untuk kita bagi menempatkan kegunaan – kegunaan ke pada satu pernyataan. Dengan seperti itu  dengan menggunakan jQuery kita dapat mengerjakan apa saja dengan mengkolaborasikan kegunaan yang menghasilkan suatu output.



Bagus, mungkin sekianlah di artikel kali ini mengenai Cara Menggunakan Metode Chaining Pada jQuery kita berjumpa kembali di tips dan trik yang akan datang. Teman – teman dapat eksperimen sendiri ya dengan cara chining supaya lebih terbiasa pada menggabungkan kegunaan – kegunaan di jQuery. Terimakasih dan Hingga Jumpa.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP