Cara Membuat Copy Clipboard Dengan Javascript

Hallo sobat, tak terasa libur lebaran telah lewat dan kita masih diberikan medis dan panjang umur, amin. Dikesempatan kali ini setelah libur lebaran saya merancang artikel mengenai javascript yaitu Cara Membangun Copy Clipboard dengan Javascript.



Artikel ini adalah tips sederhana pada merancang copy clipboard dengan javascript. umumnya ialah ketika ingin mengcopy sebuah text kita mesti blok terlebih dahulu dan mengklik kanan di mouse lalu copy, dan itu adalah cara yang lumayan usang menurut saya dan masih dilakukan hingga ketika ini hehe.



Dengan menggunakan javascript ini kita akan mempermudah user pada mencopy sebuah text, yaitu kita akan bikin sebuah tombol yang nantinya sekali klik akan mencopy segala text yang terdapat pada form yang telah ditentukan dan pastinya dengan bantuan javascript.



Cara Membangun Copy Clipboard dengan Javascript



Oke seketika saja kita mulai, pertama-tama buatlah folder terlebih dahulu, kemudian run/jalankan sistem aplikasi text-editornya lalu kemudian ketiklah script HTML seperti di gambar dibawah ini :



tidak



Didalam script HTML diatas kita telah merancang sebuah form yang nantinya isi/nilai di form tsb kita yang akan kecopy ketika tombol button diklik. Oke langkah berikutnya teman-teman tambahkan sedikit style CSS seperti di gambar dibawah ini :



tidak



Seandainya telah HTML dan CSS nya, tinggal langkah terakhir teman-teman ketik script Javascriptnya seperti di gambar dibawah ini :



tidak



Cara Membangun Copy Clipboard dengan Javascript



Di kode diatas telah saya berikan sebuah komentar kegunaan dari kode javascript tsb. Dan hasil dari kode diatas kalau dijalankan dibrowser karenanya hasilnya akan menjadi seperti di gambar dibawah ini :



tidak



Lumayan gampang ya teman-teman ? oke kalau seperti itu demikianlah artikle tips mengenai Cara Membangun Copy Clipboard dengan Javascript yang dapat saya sampaikan. Kurang lebih nya mohon maaf dan hingga bertemu dipembahasan berikutnya.



Terimakasih




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP