Cara Menyembunyikan Folder Di Windows Melalui Command Prompt

Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menyembunyikan folder di windows via command prompt. Sebelum nya perlu teman-teman ketahui, apabila teman-teman mempunyai file-file urgen yang tak bersifat bagi publik, dan teman-teman ingin supaya file tersebut aman dan tak dapat terlihat oleh orang lain. Apakah Dapat ? Jawaban nya yaitu Dapat. Namun yang akan saya jelaskan di sini yaitu menyembunyikan nya dengan memanfaatkan feature bawaan windows yaitu biasanya yang di sebut dengan super hidden.



Mungkin teman-teman telah tak asing lagi apabila menyembunyikan folder tersebut dengan cara klik kanan -> pilih attribut Properties ,dan centang di bagian hidden, namun dengan cara tersebut amat riskan dan tak saya sarankan, di karenakan cara tersebut telah banyak yang tahu.



Selaku contoh di sini saya mempunyai folder dengan nama KAMPUS, di pada folder tersebut tersimpan beragam macam file di antara nya berekstensi word, pdf, powerpoint, dll yang ingin saya sembunyikan.



Lantas bagaimana cara nya ?



Berikut tahapan-tahapan nya :




  • Teman-teman bikin terlebih dahulu bikin folder dengan nama KAMPUS, atau di sesuaikan sesuai dengan nama folder yang teman-teman inginkan.


  • simpan folder tersebut di lokasi direktori C:


  • pindahkan file-file yang ingin di sembunyikan ke folder tersebut


  • Pilih fitur Organize -> Folder and search options , seperti di contoh gambar di bawah ini :



Pada




  • Pilih tab View , centang di bagian hide empty drives dan don’t show hidden file, folder and drives, sekiranya telah klik Apply dan Ok seperti di contoh gambar di bawah ini :



Pada




  • Buka CMD teman-teman, dengan menekan tombol keyboard WIN + R -> ketikan CMD -> Klik OK.


  • Seandainya Command Prompt telah terbuka, arahkan ke direktori C: dengan mengetikan petunjuk cd.. sebanyak dua kali , seperti seperti contoh gambar di bawah ini :



Pada




  • Seandainya telah seketika ketikan petunjuk  C:> attrib +s +h KAMPUS, seperti contoh gambar di bawah ini;



Pada




  •  Lihat apa yang akan terjadi, karenanya folder dengan nama KAMPUS yang terdapat di direktory C: akan di sembunyikan dan tak dapat di ketahui orang lain.



Hingga di sini penjelasan saya mengenai cara menyembunyikan folder di windows via command prompt, semoga bermanfaat.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP