Cara Memperbaiki Hardisk Dengan CHKDSK

Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara memperbaiki hardisk dengan CHKDSK. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya kerusakan di hardisk tersebut diantara nya di sebabkan karena sering mematikan komputer tanpa petunjuk shutdown atau karena adanya gangguan aliran listrik seperti listrik secara tiba-tiba mati serta terjadinya kenaikan di tegangan listrik seperti yang lazimnya terjadi ketika adanya petir ketika hujan. Selain dari itu faktor usia dari hardisk sendiri pun adalah sebuah hal yang dapat mempengaruhi performa dari hardisk tersebut. Di contoh di sini saya akan memperbaiki hardisk dengan menggunakan petunjuk Checkdisk / CHKDSK.EXE.



Checkdisk adalah sebuah tool bawaan Windows yang dapat kita gunakan bagi menguji dan memperbaiki kondisi hardisk. Menjalankan petunjuk tersebut secara rutin pun adalah sebuah diantara cara bagi merawat dan meningkatkan performa komputer. Di umumnya lumayan dengan petunjuk CHKDSK ini teman-teman telah dapat memperbaiki keruksakan di hardisk seperti bad sector, cross-linked file, directory errors, dan lost clusters. Petunjuk Checkdisk dapat di jalankan dengan 2 cara yaitu lewat Command Prompt atau yang lazimnya teman-teman kenal dengan singkatan CMD atau dapat via My Computer atau Windows Explorer. Lantas bagaimana cara menggunakan petunjuk CHKDSK ?



Berikut tahapan nya :




  • Teman-teman tekan tombol keyboard WINDOWS, ketikan CMD, klik kanan CMD tersebut kemudian pilih Run As Administrator . seperti contoh gambar di bawah ini :



Pada




  • Sekiranya telah pilih lokasi directory yang akan di lakukan pengecekan, saran dari saya lakukan pengecekan di segala lokasi dengan secara bergantian, dan di contoh di sini saya akan menjalankan pengecekan di directory D terlebih dahulu karenanya teman-teman dapat ketikan petunjuk seperti berikut :



D:



  • sehingga seperti contoh gambar di bawah ini :



Pada




  • teman-teman ketikan lagi petunjuk, seperti di bawah ini :



CHKDSK



  •  Sekiranya telah klik Enter, dan tunggu hingga proses pengecekan selesai, dan biasanya memakan waktu yang lumayan lama.



Note : Apabila teman-teman telah selesai menjalankan pengecekan di satu directory dan ingin menjalankan pengecekan di directory lain nya lg, teman-teman dapat menjalankan hal yang sama seperti di penjelasan sebelum nya, seperti contoh seandainya teman-teman ingin lanjut dengan menjalankan pengecekan di directory lain seperti directory C, karenanya teman-teman lumayan mengetikan petunjuk C: ,bagi berikutnya masih sama, teman-teman dapat seketika ketikan petunjuk CHKDSK.



Hingga di sini penjelasan saya mengenai cara memperbaiki hardisk dengan CHKDSK, semoga bermanfaat.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP