Cara Install Theme WordPress Manual Di cPanel

Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara install theme wordpress manual di cPanel. Seperti yang telah teman-teman ketahui, bagi instalasi theme wordpress dapat lewat back-end WordPress, namun dari cara tersebut terkadang terdapat kendala seperti :




  1. upload_max_filesize ( Di cPanel Apache Server, default di file php.ini adanya keterbatasan maksimal upload yang di tentukan dari pihak penyedia jasa hosting tersebut, namun dari batas maksimal tersebut masih dapat di rubah lewat fitur MultiPHP Ini Editor di cPanel, untuk teman-teman yang telah familiar dengan konfigurasi php.ini, namun untuk yang belum mengetahui akan terasa menyulitkan dan masih ada opsi kedua yaitu dengan cara manual ).


  2. memory_limit ( Di cPanel Apache Server, default di file php.ini adanya keterbatasan Alokasi memory server (RAM) bagi menghandle service Apache yang mempengaruhi kecepatan loading laman yang di tentukan dari pihak penyedia jasa hosting tersebut, namun dari permasalahan tersebut masih dapat di rubah lewat fitur MultiPHP Ini Editor di cPanel, untuk teman-teman yang telah familiar dengan konfigurasi php.ini, namun untuk yang belum mengetahui akan terasa menyulitkan dan masih ada opsi kedua yaitu dengan cara manual ).


  3. max_execution_time ( pengaturan tersebut bertujuan bagi memaksa kode PHP agar terhenti bekerja apabila pada waktu tertentu belum selesai di proses, yang tujuannya supaya sumber daya program (seperti processor) tak bekerja terus-menerus ). Bagi merubah nya dapat lewat fitur MultiPHP Ini Editor di cPanel , dan untuk teman-teman yang telah familiar dengan konfigurasi php.ini, namun untuk yang belum mengetahui akan terasa menyulitkan dan masih ada opsi kedua yaitu dengan cara manual.


  4. file_uploads ( pengaturan tersebut bertujuan bagi menghidupkan dan mematikan fitur file upload dari batas maximal file upload yang di tentukan)



  5. Dll.



Terlihat dari beberapa permasalahan tersebut yang sering menimbulkan masalah gagal nya install theme WordPress lewat back-end, bagi teman-teman yang telah terbiasa dengan permasalahan tersebut pasti telah dapat menanganinya tanpa mesti instal theme WordPress dengan cara manual, namun bagaimana nasibnya bagi teman-teman yang lain yang masih awam ? Pastinya benar-benar menyulitkan ! Dan masih dapat dilakukan dengan cara manual seperti yang saya jelaskan di pada artikel ini.



Berikut tahapannya :




  • Teman-teman login terlebih dahulu ke account cPanel yang ingin di instal theme WordPress atau dapat pun dengan mengunjungi domisili www.domain_teman_teman.com/cpanel


  • Setelah login, pilih fitur File Manager


  • Masuk ke direktory public_html yang ber logo bola dunia.


  • Masuk ke direktory wp-content -> themes.


  • Upload folder theme tersebut di pada directory themes, namun perlu di ingat, bagi mempermudah dan tak memakan waktu sebelumnya folder theme tersebut di jadikan zip terlebih dahulu, baru kemudian di upload dengan menekan tombol Upload, seperti contoh gambar di bawah ini :



Pada




  • Apabila telah klik kanan folder.zip hasil upload tersebut, dan pilih Extract.


  • Apabila telah di Extract jangan lupa di hapus folder.zip tersebut, karena telah tak di butuhkan lagi dan hanya akan memakan space hosting teman-teman apabila tak di hapus.


  • Login ke halaman back-end atau administrator WordPress teman-teman.


  • Pilih fitur Appearance -> Themes, dan klik tombol Activate di theme yang sebelumnya di upload dan telah terdapat di daftar tersebut.


  • Selesai



Hingga di sini penjelasan saya mengenai cara install theme wordpress manual di cPanel, semoga bermanfaat.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP