Cara Memasang Watermark Pada Gambar Di WordPress

Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara memasang watermark di gambar di wordpress. Sebelum saya menjelaskan lebih jauh, ada baiknya saya jelaskan terlebih dahulu apa itu watermark ?



Watermark yakni identitas berbentuk tulisan atau logo yang sering di sertakan pada karya digital seseorang, dan biasanya karya digital tersebut dapat saja berbentuk gambar, audio, video dan lain sebagainya. Tujuan pemasangan watermark tersebut ialah supaya hasil karya tersebut tak dapat di gunakan orang lain dengan sembarangan dan mesti meminta ijin terlebih dahulu kepada pembuat karya tersebut. Dan seperti yang sering teman-teman ketahui ketika mengambil suatu gambar dari internet, beberapa pemilik karya tersebut menyisipkan identitas mereka berupa label text ataupun logo, dan seperti itu lah watermark.



Lantas bagaimana bila teman-teman ingin merancang watermark di di di situs teman-teman, apakah dapat ?



Jawaban nya yakni dapat dan banyak kemungkinan nya bagi teman-teman terapkan di gambar situs teman-teman. Namun di contoh yang saya jelaskan di sini, saya menggunakan WordPress, dan perlu teman-teman ketahui, bagi pemasangan watermark tersebut di WordPress secara otomatis, telah banyak terdapat plugins yang dapat di gunakan secara cuma-cuma maupun berbayar.



Berikut seperti contoh hasil watermark yang telah saya bikin di bawah ini:



Pada



Dari gambar tersebut terlihat jelas watermark yang saya bikin, namun watermark tersebut saya bikin dengan logo.



Berikut tahap perancangan nya :



  • Teman-teman dapat siapkan terlebih dahulu logo bagi watermark nya, bila telah login di halaman wp-admin WordPress teman-teman


  • Di posisi Dashboard admin WordPress, teman-teman klik fitur Plugins -> Install Plugins seperti contoh gambar di bawah ini:



Pada




  • Seandainya telah ketikan di kotak Search Plugins WordPress ” Image Watermark ” tanpa tanda petik, bila telah klik tombol Install Now , seperti contoh gambar di bawah ini:



Pada




  • Setelah instal berhasil, aktifkan plugin tersebut, dan akan dibawa ke halaman Plugins, klik fitur Settings -> Watermark, lakukan penyesuaian seperti contoh gambar di bawah ini:



Pada




  • Seandainya telah, klik tombol save, dan coba upload gambar di Media admin WordPress teman-teman.



Hingga di sini penjelasan saya mengenai cara memasang watermark di gambar di wordpress, semoga bermanfaat.




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP