Belajar Tentang Event mouseout() Pada Jquery

Halo teman-teman semuanya? apa kabar?  semoga tetap bagus dan sehat ya teman-teman, kali ini kita akan belajar mengenai jquery, seperti yang kita tau event didalam jquery sangatlah banyak, dan saya telah bahas sedikiit banyak event-event serta manfaat yang terdapat di jquery di panduan saya sebelumnya, di panduan sebelum ini pun saya telah membahas event mouseover() di jquery, nah di panduan kali ini saya akan membahas kebalikan dari mouseover yaitu kita akan belajar mengenai event mouseout() di jquery.



Kegunaan dari event mouseout() yakni bagi memberikan efek di suatu element html ketika kita menjauhkan kursor di element html tersebut, sesungguhnya ini yakni kebalikan dari mouseover() di jquery.



Oke bagi lebih jelasnya kita seketika saja praktekkan, pertama-tama silahkan teman-teman bikin sebuah file dan ketikan script berikut ini:



<!DOCTYPE html>
<html>
<head>


</head>
<body>

<p style=background:red>Saya belajar Jquery.</p>

</body>
</html>


Pertama-tama saya merancang sebuah paragraf dengan berwarna latar belakang merah, lalu saya memanggil core dari jquery.com yang saya letakan diantara element head :



<script src=”https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/3.2.1/jquery.min.js”></script>



Lalu saya mengatur script dengan menggunakan mouseout() seperti berikut ini:



<script>


$(document).ready(function(){


$(“p”).mouseout(function(){


$(“p”).css(“background-color”, “lightgray”);


});


});


</script>



 



Dengan mengetikan script diatas berati saya mengatur ketika kursor menjauh dari element p karenanya element p yang awalnya berwarna background merah menjadi lightgrey.



Gimana teman-teman? lumayan gampang bukan? bagi panduan kali ini mengenai belajar mengenai event mouseout() di jquery lumayan hingga disini dulu, semoga panduan yang singkat kali ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya, hingga bertemu lagi di panduan berikutnya.



Terima kasih.



 




Sumber https://kursuswebsite.org

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Keyup dan Keydown Pada jQuery

Membuat Table Warna Berselang dengan PHP